PenaMerahPutih.com
HeadlineIndeksPolkam

Wali Kota Bogor Perpanjang PSBB Sebulan, Masa Transisi Menuju New Normal

Bima Arya
Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto. (istimewa)

Bogor, PMP – Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto memperpanjang masa pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hingga sebulan ke depan. Perpanjangan dilakukan sebagai masa transisi menuju tahapan New Normal

“Masa berlaku PSBB ini kita menyepakati diperpanjang selama 1 bulan ke depan,” kata Walkot Bima Arya melalui konferensi pers online, Kamis sore (4/6/2020).

Menurut Bima yang sempat positif terpapar virus COVID-19 dan sembuh, pihak Pemkot Bogor memberlakukan perpanjangan PSBB sebulan untuk mengkaji kesiapan Kota Bogor sebelum melangkah ke tahapan selanjutnya seperti New Normal.

“Kita perlu kajian yang cukup berdasarkan data yang disampaikan epidemologi. Dua mingggu adalah waktu yang singkat, jadi kita bisa mematok waktu yang lebih longgar lagi yakni satu bulan,” katanya sembari menjelaskan bahwa Kota Bogor masih berada pada level tiga atau zona kuning penyebaran COVID-19.

Baca Juga :   PSBB Lebaran 2020, Traffic Data Smartfren Naik 10 Persen

Selama sebulan ke depan, pihak Pemkot Bogor bakal melakukan penguatan pengawasan aturan PSBB, termasuk kemungkinan membuka sejumlah sektor berlandaskan zona aman COVID-19 dengan tetap berpedoman pada protokol kesehatan dan zonasi yang ditentukan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Ini adalah PSBB proporsional di masa transisi. Jadi masih era PSBB, tetapi tidak sama dengan PSBB 1, 2 dan 3 dan belum masuk Normal Baru. Makanya kami sebut PSBB proporsional masa transisi menuju Normal Baru,” kata Bima Arya.

Pada PSBB transisi ini bakal dilakukan penguatan pengawasan dan aspek edukasi, seperti penguatan wilayah dengan menyiagakan RT dan RW, juga kelurahan dan kecamatan.(hps)