PenaMerahPutih.com
EkbisHeadlineIndeksIndustri

Emil Dardak Uji Coba Mobil Listrik, Acungi Jempol Kesiapan Stasiun Charging PLN

Emil Uji Mobil Listrik
Wagub Jatim Emil Dardak uji coba mobil listrik milik PT PJB. (Humas PLN)

Surabaya, pmp  – Wagub Jatim Emil Dardak uji coba mobil listrik milik PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB) dari Kantor Gubernur di Jalan Pahlawan menuju Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) miliki PLN di PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Embong Wungu.

“Mengendarai mobil listrik ini terasa nyaman, tidak berbeda dengan kendaraan berbahan bakar fosil. Informasi dan literatur pun banyak yang menyebutkan bahwa untuk penggunaan di dalam kota, kendaraan listrik  sangat efisien juga ramah lingkungan. Untuk kesiapan charging station saya acungi jempol,” kata Emil saat meninjau SPKLU PLN Embong Wungu, pada Senin (25/1/2021).

Saat uji coba Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB), Emil didampingi Karyawan Aji (Direktur SDM & Administrasi PT PJB) dan Nyoman S Astawa (General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur).

Baca Juga :   Wagub Emil Ajak Penyintas COVID-19 Jadi Pendonor Plasma Konvalesen

Emil mengapresiasi upaya PLN mendukung era KBLBB dengan terus memperbanyak SPKLU agar mudah dijumpai masyarakat. Dia berharap kesiapan infrastruktur yang baik, ditunjang lahirnya SDM-SDM terampil dalam pemeliharaan kendaraan listrik.

“Besar harapan kami agar PLN bersama-sama stakeholder terkait ikut membantu penyiapan SDM dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) agar memiliki kompetensi dan keterampilan dalam hal pemeliharaan kendaraan listrik,” tambah Emil.

Emil Uji mobil listrik
Emil didampingi Karyawan Aji dan Nyoman S Astawa tinjau SPKLU PLN di Jalan Embong Wungu. (Humas PLN)

General Manager PLN UID Jatim Nyoman S Astawa menyatakan siap merealisasi harapan Emil karena Jawa Timur dikenal memiliki SDM mumpuni. Termasuk tingginya potensi kendaraan listrik untuk dikembangkan dan dimanfaatkan secara masif.

PLN berkomitmen penuh program KBLBB dengan menyediakan pasokan listrik dan berbagai infrastruktur kelistrikan pendukung KBLBB di Indonesia seperti SPKLU.

Baca Juga :   PLN Sukses Jaga Pasokan Listrik Malam Natal

Menurut Astawa, saat ini telah tersedia 16 unit Charging Station SPKLU milik PLN yang tersebar di Pulau Jawa dan Pulau Bali.

SPKLU Surabaya di  PLN Embong Wungu memiliki kapasitas energi sebesar 25 kW dan 2 type nozzle atau pencolok. PLN merencanakan pembangunan infrastruktur SPKLU lain di Jawa Timur. Targetnya pada tahun 2025 tersedia 2.400 SPKLU di seluruh Indonesia.

Karyawan Aji menambahkan bahwa  PT PJB sedang membangun SPKLU dan memasuki tahap finishing di Kantor PJB Jalan Ketintang Baru 11, Surabaya.

“SPKLU ini mendukung electrifying lifestyle yang mulai menjadi tren. Harapannya akan banyak lagi SPKLU yang dengan mudah kita temui di jalan-jalan,” ujarnya.(hps)