PenaMerahPutih.com
Ekbis Headline Indeks Teknologi

Indosat Ooredoo Jual 4.200 Menara Senilai Rp 10,5 Triliun

Jajaran Direksi Indosat Ooredoo dan Edge Point Group seusai penandatanganan penjualan tower bersama di Jakarta, Rabu (30/3/2021)

Jakarta, pmp – PT Indosat Tbk (Indosat Ooredoo), menandatangani perjanjian jual dan sewa kembali dengan PT EPID Menara AssetCo untuk lebih dari 4.200 menara telekomunikasi senilai USD 750 juta atau sekitar Rp 10,5 triliun pada Rabu (30/3/2021).

Penjualan kepada anak perusahaan dari Edge Point Indonesia milik Digital Colony, investor infrastruktur digital global tersebut merupakan bagian dari strategi turnaround Indosat Ooredoo yang telah memfokuskan kembali bisnis pada produk dan layanan digital, menciptakan nilai yang optimal dari infrastrukturnya dan memperoleh pendapatan dari portofolio menara telekomunikasi yang berkualitas tinggi sebagai pilar utama dari strategi perusahaan saat ini.

“Saya senang Indosat Ooredoo telah mencapai kesepakatan dengan Edge Point Indonesia, yang telah lama direncanakan dan sejalan dengan strategi turnaround perusahaan untuk menciptakan nilai lebih bagi pemegang saham dan pelanggan,” kata President Director & CEO Indosat Ooredoo, Ahmad Al-Neama pada keterangan resminya, Kamis (31/3/2021).

Baca Juga :   Indosat Ooredoo Bukukan Laba Bersih Rp 5,8 Triliun

Ahmad Al-Neama mengatakan kesepakatan tersebut menandai penjualan ketiga dan terakhir dari aset portofolio menara berkualitas tinggi Indosat Ooredoo yang mendorong perusahaan menuju model aset yang lebih ramping dan fokus yang lebih besar dalam menghadirkan layanan digital seluler bagi pelanggan.

“Saya ingin berterima kasih kepada Pemerintah Indonesia yang telah menciptakan lingkungan kebijakan yang memungkinkan industri telekomunikasi berkembang dan menarik investor berkualitas tinggi seperti Edge Point Indonesia. Meningkatkan investasi di sektor ini pada akhirnya akan menguntungkan pelanggan dan masyarakat Indonesia,” paparnya.

Edge Point Indonesia dinyatakan sebagai pemenang tender dari proses tender kompetitif yang dilakukan oleh Indosat Ooredoo. Transaksi ini diharapkan selesai pada kuartal 2 tahun 2021, dengan tunduk pada persyaratan umum, termasuk persetujuan pemegang saham dari Indosat Ooredoo pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa, yang direncanakan diadakan pada tanggal 6 Mei 2021.

Baca Juga :   Pendapatan IOH Tumbuh 49,8% Menjadi Rp34,5 Triliun di Triwulan 3/2022

Indosat Ooredoo akan menyewa kembali menara-menara tersebut untuk jangka waktu 10 tahun untuk memenuhi persyaratan yang berlaku.

“Kesepakatan ini adalah salah satu yang terbesar di Asia dan memperkuat posisi kami sebagai penyedia menara terkemuka di Indonesia. Penambahan 4.200 menara ke dalam portofolio kami akan membantu menciptakan nilai yang signifikan bagi semua pemangku kepentingan kami,” kata Suresh Sidhu, CEO Edge Point Group.

Menurut Ahmad Al Neama, perjanjian sewa kembali akan terus memenuhi kebutuhan menara perusahaan sekaligus sebagai momentum pertumbuhan  di tahun 2021.

“ Indosat Ooredoo dan Edge Point Indonesia akan terus bekerja sama ke depan dan membangun kerjasama strategis jangka panjang,” pungkas Ahmad. (hps)

Baca Juga :   Kunjungi Surabaya, Indosat Ooredoo Hutchison Kenalkan Visi Baru Menghubungkan dan Memberdayakan Masyarakat Indonesia