PenaMerahPutih.com
Headline Indeks Nusantara

Terima Kasih Pak Ganjar, Pemprov Jatim Terima Bantuan buat Korban Terdampak Gempa Malang

Surabaya, pmp – Pemprov Jawa Timur menerima bantuan kemanusiaan senilai Rp 594,3 juta dari Pemprov Jawa Tengah, terdiri dari bantuan tunai Rp 250 juta dan bantuan logistik Rp 334,3 juta.

Bantuan diterima secara simbolis oleh Gubernur Khofifah Indar Parawansa dari Sarwa Pramana, Ketua Bidang Penanggulangan Bencana PMI Jateng, di Lobby Gedung Negara Grahadi, Sabtu (17/4/2021).

“Terima kasih atas perhatian dari Pemprov Jawa Tengah, khususnya Pak Gubernur Ganjar Pranowo serta berbagai pihak lainnya. Semoga ikhtiar kita bersama ini sampai pada tujuan yang kita harapkan, yaitu meringankan beban warga korban gempa dan mendapat pahala berlipat  dari Allah SWT,” kata Khofifah.

Khofifah memastikan bantuan akan segera disalurkan kepada para korban terdampak gempa bumi di Lumajang, Malang dan Blitar.

Baca Juga :   Khofifah Tinjau Warga Terdampak Gempa 5,9 SR Kabupaten Blitar

“Bantuan akan disalurkan langsung ke daerah-daerah yang terdampak. Kita sedang mendorong percepatan inventarisasi kerusakan dan validasi datanya. Saat ini semua sedang berproses untuk percepatan penanganan gempa,” kata Khofifah.

Selain bantuan materi, turut serta sepuluh relawan untuk diperbantukan penanganan darurat bencana gempa bumi Malang. Kesepuluh relawan merupakan gabungan dari BPBD Jawa Tengah, Magelang, Boyolali, Sragen, Jepara, Demak, MDMC Jateng, LPBI NU Jateng, Rumah Zakat, serta SAR Jateng.

Gubernur Khofifah berharap relawan bisa membantu pemulihan psikologis dan menumbuhkan semangat baru para korban.

“Di beberapa titik, excavator tidak bisa masuk. Kalau mereka harus menangani secara manual dalam kondisi panas dan puasa, saya khawatir mereka bisa frustasi. Tapi ketika banyak relawan turun, maka akan terasa solidaritas dan perhatian sehingga dapat memompa  semangat baru mereka,” pungkas Khofifah. (els)