PenaMerahPutih.com
HeadlineIndeksPolkam

Lomba Desain Istana Wapres IKN Berhadiah Rp 3,4 Miliar

Desain istana kepresidenan di IKN

Jakarta, PMP – Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar sayembara konsep perancangan bangunan dan kawasan gedung di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Ada empat bangunan yang disayembarakan dan total hadiah yang disediakan bagi 12 pemenang sayembara sebesar Rp3,4 miliar,” kata Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti dalam konferensi pers daring di Jakarta, Sabtu (26/3/2022).

Pertama, kata Diana sayembara untuk konsep perancangan kawasan dan bangunan Istana Wakil Presiden.
Kedua konsep perancangan kawasan kompleks perkantoran lembaga legislatif yakni MPR, DPR dan DPD.

Kemudian ada sayembara untuk konsep dan perancangan kawasan kompleks perkantoran lembaga yudikatif yakni Mahkamah Agung, Mahkamah Konstitusi, dan Komisi Yudisial.

Baca Juga :   Presiden Jokowi Groundbreaking Proyek Strategis IKN, PLN Hadirkan Listrik Tanpa Kedip

Keempat area Danau Pancasila yang di dalamnya terdapat kompleks peribadatan yang dilengkapi dengan bangunan peribadatan lainnya seperti vihara, gereja, katedral, pura dan kelenteng. Sedangkan desain bangunan mesjid sebelumnya sudah terpilih oleh Presiden Jokowi.

“Desain harus mencerminkan identitas bangsa dalam desain interior maupun eksterior bangunan serta menerapkan konsep green building,” kata Diana.

Pendaftaran sayembara dibuka pada tanggal 28 Maret 2022 hingga 8 April 2022. Para pemenang akan diumumkan pada tanggal 24 Juni 2022 dan menerima hadiah pada tanggal 27 Juni 2022.

Informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran sayembara dan persyaratan peserta sayembara dapat mengunjungi situs https://sayembaraikn.pu.go.id/ (nas)