PenaMerahPutih.com
HeadlineIndeksJalan-jalanTren

Ratusan Ribu Warga Jatim Meriahkan Jalan Santai Hari Santri 2023, Berhadiah Mobil dan 65 Paket Umroh

 Surabaya, PMP – Ratusan ribu santri dan masyarakat tumpah ruah memeriahkan Jalan Santai dalam rangka memperingati Hari Santri 2023 yang digelar Pemprov Jatim, PBNU dan Kemenag dengan mengambil start dan finish di halaman Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Sabtu (21/10) pagi.

Kegiatan jalan santai ini dilepas langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas, Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Tsaquf, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Adhy Karyono, Sekjen PBNU Saifullah Yusuf dan Walikota Surabaya Eri Cahyadi.

Jalan Santai ini berlangsung sangat semarak. Sepanjang Jalan Gubernur Suryo sejak pukul 05.00 WIB pagi telah dibanjiri oleh lautan peserta Jalan Santai yang berasal dari berbagai kalangan dan berbagai daerah. Ada santri dari berbagai pondok pesantren di Jatim, para ulama, para ustadz dan ustadzah, serta juga para kiai yang datang dari berbagai daerah di Jatim.

Baca Juga :   Terbang Perdana, Kargo Garuda Surabaya – Hongkong Pacu Ekspor UMKM Jatim

Gubernur Khofifah menyebutkan, peringatan Hari Santri menjadi momentum untuk mensyukuri jasa para santri yang dahulu telah berjihad untuk kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Hari ini mari kita peringati Hari Santri ini dengan syukur, mengingat pada 22 Oktober 1945 para Ulama dan Santri berkumpul di Surabaya menyerukan jihad fisabilillah untuk mempertahankan NKRI, Pancasila, UUD 1945, dan Bhinneka Tunggal Ika. Santri bersama masyarakat saling menguatkan mempertahankan NKRI,” tegasnya.

Usai Jalan Santai rampung ditempuh, masyarakat pun kembali berkumpul di depan panggung utama depan Gedung Negara Grahadi untuk pengundian kupon.

Gubernur Khofifah pun berkesempatan secara langsung melakukan pengundian kupon Jalan Santai Hari Santri ini. Masyarakat pun tampak menunggu dengan antusias.

Baca Juga :   Lampaui Target, Realisasi Pendapatan Daerah Provinsi Jatim 2020 Rp 31,631 Triliun

Ini karena sederet hadiah menarik telah dipersiapkan oleh panitia. Mulai dari 5 unit sepeda motor, 5 laptop, 5 unit lemari es, 5 unit TV, 5 unit sepeda gunung dan sejumlah hadiah lain. Tidak hanya itu, juga tersedia grandprize 1 unit mobil dan 65 paket umroh.

Selain mengundi, Gubernur Khofifah juga secara khusus menyerahkan hadiah utama sebuah mobil kepada pemenang.

Nuansa bahagia dan haru mewarnai penyerahan hadiah utama yang diraih oleh seorang siswa kelas 3 SD bernama M. Raditya Al-Mazid (9) asal Rungkut, Surabaya. Saat penyerahan ia ditemani oleh ibunya.

Tak hanya itu, gelaran Jalan Santai Hari Santri 2023, juga diramaikan aneka Stan UMKM yang berjajar sepanjang Jl. Gubernur Suryo dengan total 53 tenda. Terdiri dari UMKM perorangan binaan Dinas Pemuda dan Olahraga 32 UMKM, UMKM binaan Dinas Koperasi dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan sebanyak 12 UMKM, dan 9 stan Badan Usaha Milik Daerah.(gdn)