PenaMerahPutih.com
HeadlineIndeksPolkam

Sebanyak 199 Posko Siaga PLN NP Amankan Pasokan Energi Listrik Pemilu 2024

Posko siaga PLN NP berlangsung 12 hingga 20 Februari 2024 Jaga kestabilan pasokan listrik. (PLN NP)

Surabaya, PMP –  PLN Nusantara Power mendirikan 199 Posko Siaga di berlokasi di 36 Unit Pembangkit dari Provinsi Aceh hingga ke Maluku guna mengamankan pasokan energi listrik dalam rangka pemilihan umum tahun 2024.

Direktur Utama PLN Nusantara Power Ruly Firmansyah mengatakan rekapitulasi suara dalam pemilu tahun ini menggunakan sistem online yang membutuhkan kestabilan pasokan listrik agar menunjang kelancaran pesta demokrasi tahun ini.

“Sebanyak 2.923 personel kami siagakan di 199 posko siaga di seluruh Indonesia. Personel ini akan bergantian jaga di posko siaga unit pembangkit kami dan bertugas untuk memantau kondisi unit pembangkit secara real time serta memastikan produksi listrik tercukupi,”  terang Ruly di Surabaya, Rabu (14/2/2024).

Baca Juga :   Proses Co-Firing di 40 PLTU PLN Grup Mampu Turunkan Emisi Hingga 429 Ribu Ton CO2

Selain itu, seluruh personel siaga juga telah melaksanakan apel siaga sehingga antar bidang saling berkoordinasi dan memitigasi perbaikan di unit pembangkit.

“PLN NP memastikan pasokan bahan bakar pada unit pembangkit kami tercukupi. Rata-rata hari operasi di unit pembangkit batu bara kami mencapai 19,2 hari, walaupun tanpa penambahan bahan bakar, kami masih sanggup memproduksi listrik selama 19 hari di seluruh Indonesia”, tambah Ruly.

Selain kesiapan personil, PLN NP telah menyiapkan 293 peralatan pendukung, 389 peralatan kendaraan pendukung, serta Fire Protection System yang dalam kondisi siap.

Menggunakan teknologi digital 4.0, perusahaan juga melakukan pemantauan keandalan pembangkit secara terpusat melalui iCORE (Intelligent Centre of Optimization for Reliabilty & Efficiency). Teknologi ini merupakan produk inovasi dalam pengelolaan pembangkit berbasis digital 4.0.

Baca Juga :   Peduli Kemajuan Olahraga, PJB Bantu Peremajaan Prasarana KONI Jatim

“Melalui iCORE, kami dapat memantau operasional dan kesiagaan unit pembangkit di seluruh Indonesia secara terpusat di Surabaya. Teknologi ini juga memungkinkan pemantauan secara real time “, tambah Ruly.

iCORE dapat menghasilkan rekomendasi pemeliharaan atau perbaikan yang diperlukan, maupun untuk menggerakkan peralatan secara otomatis sehingga tercapai keandalan dan efisiensi yang optimal. (nas)