PenaMerahPutih.com
AdvertorialEkbisHeadlineIndeksIndustri

Semarakkan Hari Sumpah Pemuda, Inovator PLN UID Jawa Timur Berlaga di Ajang Like 2024

Jakarta, PMP –  PT PLN (Persero) kembali menggelar ajang Learning, Innovation, Knowledge, and Exhibition (LIKE) 2024 bertajuk ‘Innovation Sparks the Future – Transformation 2.0,” yang berlangsung pada 22 – 24 Oktober 2024 di Jakarta International Expo Convention Center.

LIKE PLN merupakan ajang tahunan yang digelar untuk mendorong insan PLN agar semakin berkembang kreatif menelurkan inovasi-inovasi di bidang energi listrik.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur, Ahmad Mustaqir menjelaskan, LIKE PLN menjadi salah satu upaya transformasi PLN dalam bidang inovasi yang melibatkan seluruh insan PLN dalam menjadikan PLN sebagai perusahaan global terkemuka.

“LIKE juga menjadi wadah tahunan bagi intrapreneur PLN guna mengasah pemikiran kreatif dan inovatif yang mampu memberikan nilai tambah pada perusahaan,” ujarnya dalam keterangan, Rabu (23/9/2024).

Baca Juga :   Listrik di Pulau Madura Sudah Pulih 100 Persen

Ia menambahkan, PLN UID Jatim sendiri setiap tahun berkolaborasi dalam ajang LIKE PLN 2024 dengan menampilkan sejumlah karya inovasi yang telah menjadi pemenang di level nasional dan kementerian.

“Dalam LIKE PLN 2024 ini, kita mengusung tema bagaimana agar Jatim lebih bisa memberikan kontribusi. Di sini kita tampilkan karya inovasi yang sudah menang di level nasional, dan kita juga tampilkan inovasi yang sedang bertanding di sini,” katanya.

Salah satu inovasi yang dihadirkan PLN UID Jatim di ajang PLN LIKE 2024 ini adalah alat untuk Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB), yakni All Out PDKB (Adjustable Alat Isolasi Pemeliharaan Online-Offline Saluran Udara Tegangan Menengah/SUTM).

All Out PDKB ini merupakan sebuah peralatan bantu multifungsi yang terdiri dari 2 stick isolasi utama membentuk sudut disatukan oleh clamp masing-masing sebagai tumpuan utama yang fix pada konstruksi SUTM.

Baca Juga :   PLN Jatim Kerahkan 4.782 Personel Amankan Listrik Nataru 2023/2024

Panjang kedua stick flexible dan adjustable mengikuti fungsi dalam menyelesaikan 43 macam pekerjaan pemeliharaan jaringan SUTM pada semua kondisi (online dan offline) dengan metode berjarak dan sentuh langsung.

Alat ini pun memiliki manfaat yang efektif dan efisien yakni mempermudah pekerjaan, efisiensi waktu, peralatan, dan pekerjaan PDKB. Alat ini juga dapat meningkatkan produktifitas pekerjaan PDKB sehingga meningkatkan pelayanan pelanggan (kontinuitas suplai energi listrik) dan mendukung tercapainya zero accident.

Di tahun ini terdapat 363 inovasi yang terbagi dalam 8 bidang inovasi yang dikembangkan dalam LIKE PLN, di antaranya bidang Pembangkitan, Distribusi, Technical Supporting, Energi Baru Terbarukan (EBT), Transmisi, Proses Bisnis Manajemen, Aplikasi dan Strategis.

Baca Juga :   Laba PLN 2020 Naik 39%, Digitalisasi Pembangkit Percepat Transformasi

Sebelumnya, inovator unggulan UID Jatim ini pun telah berlaga di Enlit Asia 2024 yang berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia pada 8 – 10 Oktober lalu. Tim dari PLN Unit Pelaksana Pengatur Distribusi (UP2D) Jawa Timur mempersembahkan tiga karya inovasi yaitu Enhancing Outage Management, Customer Satisfaction, Enhancing Reliability dan Customer Experience During Big Events through Cascading Power Supply and Real-Time Monitoring with Mini SCADA Mobile in East Java, dan Dynamic Adaptation Long Short-Term Memory (LSTM) Models for Load Forecasting: A Case Study in East Java Power Network.

Inovasi yang dilaksanakan PLN telah menghasilkan value creation yang signifikan, meningkatkan efisiensi operasional dan pelayanan kepada pelanggan, serta mendorong pertumbuhan berkelanjutan dalam sektor energi. (nas)