PenaMerahPutih.com
EkbisHeadlineIndeksMikro

Bank UMKM Jatim Ikutkan Produk UMKM Binaan ke Pameran Internasional di Jepang

 Surabaya, PMP – PT BPR Jatim (PERSERODA) atau Bank UMKM Jawa Timur membantu pemasaran produk UMKM binaan pada event pameran perdagangan Indonesian Japan Friendship Festival (IJFF) 2024 yang digelar selama dua hari, tanggal 19 – 20 Oktober 2024 di Yoyogi Park, Jepang.

“Saya baru mengetahui adanya bank yang secara khusus memfasilitasi pertumbuhan UMKM. Apresiasi yang tinggi saya sampaikan kepada Bank UMKM atas komitmennya dalam mengembangkan produk UMKM hingga menembus pasar global,” kata Duta Besar RI untuk Jepang, Heri Akhmadi, saat berada di stan Bank UMKM Jatim melalui keterangannya, Kamis (24/10/2024).

Dubes RI Heri Akhmadi, berharap adanya agregator yang dapat menjadi jembatan bagi UMKM Jawa Timur untuk masuk ke pasar Jepang.

Baca Juga :   Berkat UMKM Bonek, Pertumbuhan Ekonomi Jatim Lebih Tinggi Dibanding Nasional

Menanggapi arahan tersebut, Bank UMKM Jatim siap berkolaborasi dengan agregator untuk memberikan dukungan penuh kepada UMKM, mulai dari tahap persiapan produk hingga pemasaran di Jepang. Dengan sinergi yang kuat, produk UMKM Jawa Timur yang berhasil menembus pasar global semakin berkembang.

“Bank UMKM memfasilitasi nasabah untuk melakukan ekspor produk lokal sehingga dapat meningkatkan daya saing dan membuka peluang pasar yang lebih luas. Kami siap berkolaborasi dengan berbagai pihak agar UMKM binaan kami naik kelas,” kata ujar Plt Direktur Utama Bank UMKM Jatim, Irwan Eka Wijaya Arsyad.

Bank UMKM Jatim membawa produk unggulan dari UMKM binaan yang dinilai layak untuk dipasarkan ke mancanegara. Produk-produk tersebut diantaranya adalah Aida Furniture asal Pasuruan yang memproduksi meja tulis, talenan dan produk kayu jati lainnya, Nizam Leather asal Madiun yang memproduksi seperti dompet hingga tas kulit, Arji Batik asal Pamekasan, dan juga Gula Aren Temon asal Pacitan.

Baca Juga :   Bank UMKM Jatim dan Danamon Bersinergi Mudahkan Nasabah Bertransaksi Online

“Produk dari Indonesia memiliki kualitas yang bagus, ketika saya memegang meja tulis ini, sangat halus dan premium”, ujar Hiroki Tanaka, salah satu pengunjung asal Shibuya Jepang.

IJFF 2024 yang diikuti oleh 200 stan sukses mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu yang hanya 50 stan. Pengunjung diperkirakan mencapai 70 ribu orang. Bank UMKM Jatim merupakan satu-satunya BUMD Jawa Timur yang hadir dan berpartisiaspi pada acara tersebut.

“Sebelumnya, kami juga telah melakukan Nota Kesepahaman dengan Atase Perdagangan RI di Tokyo untuk meningkatkan usaha mitra binaan kami,” kata Plt Dirut Bank UMKM Irwan Eka Wijaya Arsyad.

Selain memamerkan produk dari mitra binaan, Bank UMKM Jatim memberikan layanan Cash In Cash Out bagi diaspora Jatim yang berada di Jepang. Keluarga di tanah air bisa menerima transaksi keuangan dari diaspora Jatim yang berada di Jepang bisa mendaftar dan mendapatkan kemudahan bertransaksi dengan Bank UMKM Jawa Timur. Ke depannya, layanan ini akan semakin memudahkan dengan adanya mobile banking yang sedang disiapkan. Nasabah Bank UMKM Jatim dapat melakukan transaksi kapan saja dan di mana saja secara lebih cepat dan efisien. (nas)