PenaMerahPutih.com
HeadlineIndeksTren

Mahasiswa ITS Ciptakan ARCADIA, Belajar Sejarah Menyenangkan Lewat Game

ARCADIA ITS
ARCADIA mendulang medali emas pada ASEAN Innovative Science Environmental and Entrepreneur Fair (AISEEF) 2021. (Humas ITS)

Surabaya, pmp – Tim mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menciptakan ARCADIA, permainan berbasis teknologi augmented reality (AR) untuk membantu siswa-siswi SMP dan SMA mempelajari sejarah Indonesia dengan lebih menarik.

ARCADIA atau Augmented Reality History Education Card Game merupakan permainan kartu, di mana siswa diminta menentukan tokoh sejarah yang terkait dengan peristiwa sejarah yang ditampilkan. Siswa yang mendapat kartu paling banyak menjadi pemenang.

“Kami berusaha memberikan pendidikan yang seru dan dapat dimainkan semua orang. Hadirnya teknologi AR membuat ARCADIA mudah diakses oleh siswa, bahkan dengan ponsel sederhana sekalipun. Selain itu permainan ini tidak membutuhkan kapasitas penyimpanan yang besar dan tidak memerlukan perangkat pendukung lain,” kata Hanif Srisubaga Alim, salah satu tim penggagas ARCADIA.

Baca Juga :   CoFilm+ : Stiker dan Cat Pelapis Antivirus COVID-19 Buatan ITS

Keenam anggota tim yang merupakan bagian dari Research and Development (R&D) Tim Bramunastya ITS adalah Hammam Dhiyaurrahman (Ketua), Muhammad Wahyudin, Daffa Rizdhiya Sadek, Hanif Srisubaga Alim, Nathaniel Bisma Adyatma dan Annisa Ramadhani. Mereka berasal dari Departemen Teknik Sistem dan Industri, Fakultas Teknologi Industri dan Rekayasa Sistem ITS.

Meski belum ada data dan riset untuk membuktikan ARCADIA lebih diminati dibanding permainan lain, namun Hanif yakin ARCADIA mengasyikan bagi siswa dan bakal menambah wawasan tentang peristiwa sejarah.

“Berdasarkan hasil pengujian, tingkat keberhasilan permainan ini dalam meningkatkan nasionalisme siswa mencapai 90%,” ungkap Hanif.

Saat ini ARCADIA dalam tahap pengembangan dan telah berhasil mendulang medali emas pada kategori Social Science pada ASEAN Innovative Science Environmental and Entrepreneur Fair (AISEEF) 2021 yang digelar Indonesian Young Scientist Association (IYSA) pada Februari 2021.

Baca Juga :   Sepeda Thrill Tunggangan Dua Atlet BMX Olimpiade Tokyo Hasil Sentuhan Alumni ITS

Atas kreativitas dan inovasi yang dihadirkan, ARCADIA juga mendapat Special Award dari Malaysia Innovation, Invention, and Creativity Award (MIICA).

Pembuatan ARCADIA dibantu oleh Adithya Sudiarno ST MT selaku dosen pembimbing dari Departemen Teknik Sistem dan Industri.

Hanif dan tim berencana mengembangkan ARCADIA agar dapat diakses dengan lebih mudah oleh masyarakat luas. Dia berharap ARCADIA dapat meningkatkan nasionalisme dan cinta tanah air para siswa. (gdn)