PenaMerahPutih.com
Ekbis Headline Indeks Mikro

Puspa Agro Bakal Jadi Tuan Rumah Kontes Ternak

Sapi unggulan yang bakal menjadi kontestan Final Kontes Ternak dan Ekspo Peternakan di Puspa Agro, Sidoarjo, Jawa Timur.

Surabaya, penamerahputih.com – Areal Pasar Induk Modern Agrobis Puspa Agro bakal menjadi ajang unjuk prestasi bagi para peternak di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Mereka memamerkan sapi dan kambing unggulan dalam Final Kontes Ternak dan Ekspo Peternakan yang akan digelar 21 dan 22 Agustus 2017.

“Final Kontes Ternak dan Ekspo Peternakan merupakan event tahunan di Puspa Agro dan merupakan tahap akhir setelah melalui seleksi di masing-masing kecamatan di wilayah Sidoarjo,” kata Bambang Erwanto, Ketua Panitia Final Kontes Ternak dan Ekspo Peternakan, di Puspa Agro, Jumat (11/8/2017).

Ternak sapi dan kambing unggulan yang bakal ditampilkan di final merupakan juara di tingkat kecamatan. Ada lima kategori yang dikonteskan untuk sapi. Selain tiga juara untuk setiap kategori, panitia juga akan menetapkan juara kategori ekstrem untuk satu pemenang.

Baca Juga :   Sapi Berbobot 1,073 Ton Juarai Kontes Ternak Puspa Agro

Sementara untuk kambing, peserta bakal memperebutkan enam kategori, plus satu juara ekstrem. Juara kategori ekstrem bagi sapi dan kambing diambil dari ternak dengan berat badan terberat.

Selain Final Kontes Ternak, di areal yang sama juga ditampilkan pameran aneka satwa eksotik. Mulai dari ular, iguana, landak, burung, dan lain-lain.

Panitia juga menyiapkan stan khusus bagi para produsen produk dan alat-alat peternakan, pertanian dan bahan bakunya. Para pengunjung juga bisa menikmati panggung hiburan selama kegiatan berlangsung.

Menurut Handajani, Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Sidoarjo, Kontes Ternak dan Ekspo Peternakan bertujuan memotivasi dan memacu kesadaran masyarakat, khususnya para peternak agar meningkatkan usaha budi daya ternak. Termasuk lebih peduli terhadap kesehatan ternaknya.

Baca Juga :   Pendaftar Mudik Gratis Puspa Agro Membeludak, Sepekan Capai 90 Persen Kapasitas 22 Bus

“Selain itu, event ini juga bisa dimanfaatkan untuk mencari bibit unggul hasil inseminasi buatan, serta mempertahankan potensi ternak dan hasil produksi peternakan, khususnya di Sidoarjo,” kata Handajani.

Sementara menurut Dirut PT Puspa Agro Abdullah Muchibuddin, kegiatan Final Kontes Ternak bakal sangat bermanfaat bagi para peternak dan masyarakat. Para peternak bakal terpacu untuk menghasilkan ternak yang berkualitas. Sedangkan masyarakat konsumen diuntungkan karena memperoleh komoditas atau hasil produksi ternak dengan kualitas bagus.

Event ini juga mengandung unsur berkompetisi yang sehat untuk menghasilkan hewan terbaik sesuai kategori atau kriteria panitia. Dan tentu saja, hadiah yang disiapkan panitia bisa memacu semangat berbudidaya lebih baik ke depan,” katanya. (sha)