PenaMerahPutih.com
EkbisHeadlineIndeksIndustri

Ini Cara Pertamina Dukung UMKM Hadapi New Normal

Surabaya, PMP – Era New Normal menuntut siapa pun, termasuk para pelaku UMKM untuk tetap menerapkan protokol kesehatan. Sebagai dukungan kepada para UMKM agar memiliki ruang gerak yang lebih terbuka dan aktivias usaha kembali normal, Pertamina merilis program Pinky Movement.

“Program ini menggandeng UMKM agar lebih mandiri dan juga edukasi penggunaan LPG Bright Gas.  Program kemitraan  ini menyasar UMKM pengguna LPG 3 KG maupun Bright Gas untuk terus mengembangkan usahanya,” kata Rustam Aji, Unit Manager Communication & CSR MOR V Jatimbalinus, Selasa (16/6/2020).

Rustam menjelaskan, program kemitraan Pinky Movement memberi pinjaman modal kepada UMKM dengan menawarkan jasa administrasi yang rendah, yaitu 3% saldo menurun setiap tahun dan maksimal pinjaman selama  tiga tahun sejak awal tahun peminjaman.

Baca Juga :   Transaksi Nontunai SPBU Jatimbalinus Oktober 2020 Naik 269%

Pertamina  juga memberikan pendampingan, pembinaan, pelatihan yang terarah, serta pemberian fasilitas promosi dan pengembangan pasar. Hal ini merupakan cara dalam mendampingi mitra binaan Pertamina untuk tumbuh dan berkembang.

“Program Pinky Movement  didesain untuk meningkatkan kemampuan UMKM yang bersentuhan langsung dengan rantai bisnis Pertamina. Harapannya UMKM seperti pangkalan LPG, usaha kuliner, usaha peternakan, maupun usaha lain pengguna LPG 3 KG bisa berkembang dan naik kelas menjadi pengguna Bright Gas,” ujar Rustam Aji.

Pertamina melakukan sosialisasi edukasi secara online kepada UMKM, termasuk pangkalan LPG tentang menyesuaikan protokol kesehatan. Begitu pula mengajak pangkalan gas untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar penggunaan gas dapat tepat sasaran di masyarakat.

Baca Juga :   Kelompok Binaan CSR Pertamina Inisiasi Kemandirian dengan Menggelar Bazar Ramadhan

“LPG 3 Kg atau LPG PSO adalah gas yang disubsidi oleh pemerintah. Sudah seharusnya LPG PSO ini diperuntukkan bagi masyarakat yang kurang mampu. Melalui program Pinky Movement diharapkan juga memudahkan masyarakat mendapatkan akses memperoleh Bright Gas,” tambahnya.

Bright gas sendiri memiliki banyak keunggulan seperti teknologi DSVS ( Double Spindle Valve System) atau teknologi katup ganda yang berfungsi mengurangi tekanan gas berlebih. Tabungnya juga sudah dilengkapi segel hologram yang menunjukkan bahwa isi dan tabung terjamin keasliannya.

Saat ini, untuk mendapatkannya terbilang sangat mudah karena ada program Pertamina Delivery Service, dengan menghubungi call center 135. Bright Gas dapat diantar langsung kepada konsumen yang membutuhkan.

Baca Juga :   Pertashop Empowerment SME Perkuat Jaringan Distribusi BBM dan Tingkatkan Ekonomi Mitra Binaan

Untuk Jawa Timur, Pertamina telah menyalurkan dana sebesar Rp 29 miliar dari tahun 2018 hingga Mei 2020. Adapun dana sebesar Rp 29 miliar tersebut disalurkan kepada lebih dari 400 mitra binaan yang terdaftar di Pertamina MOR V dalam tiga tahun terakhir. (hps)