PenaMerahPutih.com
HeadlineIndeksNusantara

Pusdalops BNPB Laporkan 56 Korban Meninggal Gempa Sulbar

Basarnas mamuju
Tim penyelamat evakuasi korban dari balik reruntuhan bangunan di Jalan Abdul Wahab, Mamuju, Sulbar. (Basarnas Mamuju)

Jakarta, pmp – Pusat Pengendali Operasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (Pusdalops BNPB) melaporkan perkembangan jumlah korban meninggal dunia akibat gempa magnitudo 6,2 Sulawesi Barat mencapai 56 orang dengan rincian 47 orang meninggal dunia di Kabupaten Mamuju dan sembilan orang di Kabupaten Majane. Laporan berdasarkan data pukul 20.00 WIB, Sabtu (16/2/2021).

“Selain itu terdapat 637 korban luka di Kabupaten Majene dengan rincian antara lain 12 orang luka berat, 200 orang luka sedang dan 425 orang luka ringan. Sedangkan di Kabupaten Mamuju terdapat 189 orang mengalami luka berat atau rawat inap,” kata Dr Raditya Jati, Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, melalui rilis pada Minggu pagi (17/1/2021).

Baca Juga :   BNPB Jumat Siang Laporkan Korban Gempa Sulbar 34 Meninggal Dunia

Menurut Raditya, BPBD Kabupaten Majene, Kabupaten Mamuju, serta Kabupaten Polewali Mandar terus melakukan pendataan dan berkoordinasi dengan TNI, Polri, Basarnas, serta relawan maupun instansi lain yang terlibat proses evakuasi masyarakat terdampak.

Pusdalops BNPB mengabarkan sebagian aliran listrik di Kabupaten Majene sudah menyala, begitu juga di  sebagian wilayah Kabupaten Mamuju.

Sementara jalur darat yang menghubungkan Kabupaten Majene dan Kabupaten Mamuju sudah kembali pulih dan dapat dilalui kendaraan sejak Sabtu sore.

Akses kembali terbuka setelah Dandim 1401/Majene, Letkol Inf Yudi Rombe dari Komando Daerah Militer (Kodam) XIV Hasanuddin, menugaskan Batalyon Zeni Tempur (Yonzipur) 8/SMG untuk membuka akses menggunakan alat berat.

BNPB sendiri telah menyerahkan bantuan awal untuk operasional kebutuhan pokok penanganan gempa bumi Sulawesi Barat senilai Rp 4 miliar pada Sabtu, sebesar Rp 2 miliar rupiah untuk Pemprov Sulbar, Rp 1 miliar Pemkab Mamuju dan Rp 1 miliar Pemkab Majene.

Baca Juga :   SIG Prioritaskan Bantuan Medis bagi Pengungsi Gempa Mamuju Sulbar

Selain itu BNPB juga telah mendistribusikan 8 set tenda isolasi, 10 set tenda pengungsi, 2.004 paket makanan tambahan gizi, 2.004 paket makanan siap saji, 1.002 paket lauk pauk, 700 lembar selimut, 5 unit Light Tower, 200 unit Velbed, 500 paket perlengkapan bayi, 500.000 pcs masker kain, 700 pak mie sagu dan 30 unit Genset 5 KVA.(gdn)