PenaMerahPutih.com
Headline Indeks Sehat Cantik Tren

Sandiaga Mini Triathlon di Mandalika, Siap Gelar MotoGP dan L’etape Indonesia Tour de France

Sandiaga uji Mandalika
Menteri Sandiaga berlari 2,5 km di kawasan Pantai Kuta Mandalika Lombok. (Biro Komunikasi Kemenparekraf)

Lombok, pmp – Menparekraf Sandiaga Uno menguji kawasan Mandalika NTB dengan melakukan mini triathlon, berenang 500 meter, bersepeda 7,5 km dan berlari 2,5 km pada Sabtu pagi (16/1/2021). Menyambut gelaran lima event olahraga internasional 2021 yang akan digelar di Mandalika, di antaranya MotoGP dan L’etape Indonesia yang menjadi rangkaian Tour de France.

“Kita baru saja menyelesaikan mini triathlon trail. Mulai dari berenang di Pantai Tanjung Aan, lalu bersepeda, dilanjut lari dan finish di Pantai Kuta Mandalika. Semua kita lakukan tentunya dengan protokol kesehatan disiplin yang kita praktikkan sendiri saat kita olahraga,” kata Menteri Sandiaga seperti dirilis portal Kemenparekraf.

Sandiaga memulai mini triathlon trail dengan berenang sejauh 500 meter di Pantai Tanjung Aan, dilanjutkan bersepeda 7,5 kilometer ke Novotel dan kemudian berlari sejauh 2,5 kilometer ke kawasan Pantai Kuta Mandalika Lombok.

Baca Juga :   Sandiaga Sebut Sport Tourism Belitung One of The Best in The World
Sandiaga uji Mandalika
Sandiaga berenang 500 meter di Pantai Tanjung Aan. (Biro Komunikasi Kemenparekraf)

Menurut Menteri Sandiaga yang juga Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, aktvitasnya dilakukan untuk memastikan kawasan Mandalika layak menjadi salah satu dari lima Destinasi Super Prioritas (DSP), khususnya menjadi venue gelaran wisata olahraga atau sport tourism menyambut beberapa event internasional tahun ini.

“Mandalika tempat yang sangat layak sebagai lokasi sport tourism. Kami mengajak komunitas-komunitas berkoordinasi dengan ITDC (Indonesia Tourism Development Corporation) untuk mulai menyusun eventnya sepanjang tahun ini menjelang perhelatan MotoGP. Supaya kita bisa meningkatkan semangat dan memberi motivasi serta mempromosikan MotoGP agar getarannya terasa di seluruh Indonesia,” katanya.

Moto GP dan Tour de France

Abdulbar Mansoer, Direktur Utama ITDC yang akrab disapa Barry menjelaskan, Mandalika memang disiapkan untuk menjadi destinasi sport tourism. Termasuk event lainnya dengan konsep olahraga sambil menikmati alam.

Baca Juga :   Tiket.com Luncurkan Paket Bundling MotoGP Menginap Hotel 5 Hari 4 Malam dengan 2 Tiket MotoGP
Sandiaga uji Mandalika
Sandiaga bersepeda 7,5 km. (Biro Komunikasi Kemenparekraf)

“Di tahun 2021 ini akan ada lima event internasional mulai dari MotoGP, Superbike, Iron Man, L’etape Indonesia yang menjadi rangkaian Tour de France dan Rinjani 100,” ujar Barry.

Barry juga menjelaskan, Kementerian Pemuda dan Olahraga sudah menyetujui dibuat kawasan olah raga yang di dalamnya akan ada running track.

Kawasan Mandalika yang berdiri di lahan 1.100 hektare memiliki lima pantai dan beberapa bukit yang bisa dipergunakan olah raga lainya.

“Selain pantai, kami juga memiliki gunung yang bisa digunakan untuk parasailing dan landingnya di Pantai Kuta Mandalika. Nantinya juga akan ada lapangan golf. Intinya Mandalika siap memfasilitasi gelaran sport tourism yang digelar di Indonesia,” ujarnya.(gdn)