PenaMerahPutih.com
HeadlineIndeksNusantara

Arumi Bachsin Bantu Masyarakat Terdampak Banjir Kabupaten Jember

Arumi Bachsin Ketua Tim Penggerak PKK Jatim
Perempuan, anak-anak dan para lanjut usia paling rentan terganggu kesehatannya kala terjadi bencana alam. (Humas Pemprov Jatim)

Jember, pmp – Arumi Bachsin, Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Timur yang juga isteri Wagub Emil Elestianto Dardak, mendatangi warga terdampak banjir di Kabupaten Jember.

“Kunjungan kali ini saya ingin memastikan ada tidaknya layanan kesehatan di daerah bencana karena diperlukan langkah antisipasi mencegah munculnya penyakit susulan pascamusibah alam,” kata Arumi Bachsin, di Jember, Kamis (28/1/2021).

Arumi yang mengajak para relawan dan komunitas off road memberi bantuan buat warga Dusun Kraton, Desa Wonoasri, Kecamatan Tempurejo, juga warga Dusun Ungkalan, Desa Sumberejo, Kecamatan Ambulu.

Bantuan yang diberikan kepada warga yang terkena banjir susulan berupa paket sembako berisi beras, minyak, gula dan makanan olahan, termasuk perlengkapan bayi berupa pampres dan masker.

Baca Juga :   Wagub Emil Dardak Apresiasi Produk Smartcard Bank Jatim Bagi Pensiunan

Menurut Arumi, perempuan, anak-anak dan para lanjut usia paling rentan terganggu kesehatannya kala terjadi bencana alam. Apalagi saat ini juga sedang pandemi COVID-19.

Arumi memberi masukan kepada para ibu untuk lebih menjaga kesehatan bayi maupun balitanya dari penyakit susulan yang biasanya menyerang anak-anak pascabanjir.

“Hal yang dikhawatirkan pascabanjir adalah penyakit susulan yang menyerang anak-anak seperti diare atau virus gatal-gatal,” terangnya.

Oleh sebab itu peran Posyandu sangat penting untuk menjaga keseimbangan gizi dan kesehatan anak pascabanjir.

“Allhamdulillah di sini ada Puskesmas atau Posyandu keliling yang sangat membantu masyarakat memberikan dukungan maupun layanan kesehatan. Terutama kepada anak-anak kita,” tambahnya. (hps)