PenaMerahPutih.com
Ekbis Headline Indeks Industri

Bank Kalsel Syariah Genap 17 Tahun, Triwulan II Bukukan Aset Rp 2,12 Triliun

Plt Direktur Utama Bank Kalsel IGK Prasetya Bank Kalsel Syariah 17 tahun
Plt Direktur Utama Bank Kalsel IGK Prasetya (dua dari kiri) menyerahkan hadiah Undian Berkah Syariah berupa paket umroh bagi nasabah Bank Kalsel Syariah yang beruntung. (Humas Bank Kalsel)

Banjarmasin, pmp – Bank Kalsel Syariah atau Unit Usaha Syariah (UUS) genap berusia 17 tahun pada Jumat (13/8/2021), di mana kinerja sampai triwulan II 2021 tumbuh positif dengan aset yang berhasil dibukukan sebesar Rp 2,12 triliun atau tumbuh 18,72% (year on year-yoy).

“Bank Kalsel Syariah mencatatkan pertumbuhan positif di triwulan II tahun 2021 ini meskipun masih pandemi COVID-19. Aset yang berhasil dibukukan sebesar Rp 2,12 triliun atau tumbuh 18,72% (yoy),” kata IGK Prasetya, Plt Direktur Utama Bank Kalsel, saat seremonial Milad ke-17 Bank Kalsel Syariah, di Kantor Pusat Bank Kalsel, Banjarmasin, Jumat (13/8/2021).

Menurut Prasetya, pembiayaan Bank Kalsel Syariah tumbuh 18,22% menjadi sebesar Rp 1,14 triliun (yoy), Dana Pihak Ketiga (DPK) tumbuh 6,42% menjadi sebesar Rp 1,29 triliun (yoy), sedangkan laba berhasil tumbuh 42,68% atau menjadi sebesar Rp 18,14 miliar (yoy).

Baca Juga :   Pendampingan Literasi Tingkatkan Kreativitas dan Standar Produksi UMKM

Segenap manajemen optimis mempertahankan kinerja positif Bank Kalsel Syariah sampai akhir tahun 2021 dengan strategi utama pengembangan teknologi dan informasi (TI) dan pengembangan human capital.

Termasuk peningkatan ekspansi pembiayaan, baik produktif maupun konsumtif unggulan, seperti Pembiayaan Pemilikan Rumah (PPR) Sejahtera FLPP, peningkatan dan pengembangan keberagaman produk dan layanan syariah, serta pengimplementasian sistem digitalisasi melalui pembaharuan corebanking system yang akan launching tahun ini.

Menurut Prasetya, cita-cita Bank Kalsel Syariah adalah menjadi pilihan utama masyarakat Kalsel dalam melakukan transaksi perbankan syariah.

“Cita–cita Bank Kalsel Syariah bukan tanpa alasan melihat antusiasme masyarakat Indonesia, khususnya Kalimantan Selatan yang cukup besar terhadap ekonomi syariah,” tegas Prasetya.

Semangat Spin Off 2023

Peningkatan kinerja Bank Kalsel Syariah ternyata juga dimotivasi persiapan melakukan spin off di tahun 2023, serta menghadapi era society5.0 yang membawa budaya digitalisasi dunia perbankan.

Baca Juga :   Rapat Dewan Gubernur Putuskan BI 7-Day Reverse Repo Rate Tetap 3,50%

Semangat spin off tergambar melalui logo Milad ke–17 dengan filosofi angka 1 yang tegas dan terpisah dari angka 7 yang mengilustrasikan kesiapan spin off, sementara corak berlapis pada angka 7 melambangkan akselerasi bank agar bisa sejajar dengan bank swasta nasional.

Sedangkan elemen pattern digital dan ikon lingkaran speedometer pada angka 1 menggambarkan kesiapan spin off yang bergerak cepat diiringi pengimplementasian sistem digital. Warna biru melambangkan rasa aman dan menimbulkan kepercayaan, sedangkan  warna hijau memberi nuansa iklim usaha yang kondusif dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Kalimantan Selatan.

“Dengan tema dan filosofi pada logo Milad ke-17 ini diharapkan Bank Kalsel Syariah bisa memberikan kemaslahatan di Banua tercinta ini dengan produk dan layanan yang memberikan nilai tambah dalam transaksi keuangan syariah sehari-hari,” tambah Prasetya.

Seremonial Milad ke-17 Bank Kalsel Syariah yang mengusung tema ‘SHARIA FIRST’, dilaksanakan secara sederhana dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan ketat guna mencegah penyebaran COVID-19.

Baca Juga :   Bank Kalsel Raih The Best Indonesia CSR Award 2021 Sisihkan Ratusan Perusahaan

FIRST merupakan akronim dari beberapa nilai Bank Kalsel Syariah, yakni Fast (cepat), Incredible (menakjubkan), Reliable (dapat diandalkan), Sustainable (berkelanjutan) dan Trust (kepercayaan).

Selain syukuran juga dilakukan penarikan Undian Berkah Syariah yang memberi hadiah lima paket umroh bagi nasabah Bank Kalsel Syariah. Pengundian dilakukan bergantian oleh Plt Direktur Utama, Direktur Operasional, Dewan Pengawas Syariah, serta Head Of Business Group. Bank Kalsel Syariah juga memberi santunan kepada panti asuhan dan Rumah Tahfidz Al Quran.

“Kami memaknai bertambahnya usia sebagai meningkatnya kedewasaan, serta tidak lupa berbagi kepada sesama yang membutuhkan. Semoga ke depan, Bank Kalsel Syariah semakin maju, senantiasa exist dan survive dalam menghadapi tantangan di masa akan datang,” pungkas Prasetya.(bim)