PenaMerahPutih.com
HeadlineIndeksPolkam

Indonesia Kaya Baju Adat, Jokowi Kenakan Busana Pepadun Bernuansa Merah Putih

Presiden Joko Widodo mengenakan pakaian adat khas Lampung
Presiden Joko Widodo mengenakan pakaian adat Lampung saat memimpin Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi di Istana Merdeka, Jakarta. (BPMI Setpres-Muchlis Jr)

Jakarta, pmp – Presiden Joko Widodo mengenakan busana adat Pepadun dari Provinsi Lampung bernuansa merah putih saat memimpin upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2021 yang digelar di Istana Merdeka, Jakarta pada Selasa (17/8/2021).

Pakaian adat yang dipakai Presiden Jokowi terdiri atas baju lengan panjang berwarna putih yang dipadukan celana panjang berwarna putih,  dibalut sarung Tumpal berwarna dasar merah, yaitu kain sarung khas Lampung yang menutup celana dari pinggang hingga lutut.

Penampilan Presiden dilengkapi dengan kain selendang, ikat pinggang, dan tutup kepala yang semuanya berwarna senada merah. Sedangkan Ibu Negara Iriana Joko Widodo tampak bersahaja mengenakan busana nasional berwarna gading dilengkapi kain songket, dilengkapi dengan jilbab berwarna senada.

Baca Juga :   Atna Tukiman: Investasi Bakal Suram Jika Pabrik Semen Rembang Tak Diberi Izin

Sementara Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Ibu Wury Ma’ruf Amin tampak serasi mengenakan pakaian adat Sunda dari Sukabumi Jawa Barat.

Wapres terlihat elegan mengenakan setelan jas tertutup (beskap) dan celana panjang warna biru yang dipadukan kain samping batik yang diikatkan di pinggang.

Selaras Wapres, Ibu Wury tampak anggun mengenakan kebaya bersulam warna biru polos dengan bawahan kain jarik putih bermotif batik khas Sunda yang biasa disebut sarung Kebat atau Sinjang Bundel.

Presiden Jokowi menyatakan bahwa Indonesia kaya karena memiliki ribuan pakaian adat dan dirinya berkomitmen untuk memperkenalkannya melalui berbagai resepsi resmi kenegaraan.

“Dulu pernah Aceh, Sumatera Barat, pernah juga Kalimantan Selatan, pernah Sunda, pernah Jawa, Betawi, kemudian ke sana Bali, Sasak, Bugis, pernah semua. Memang kekayaan budaya pakaian adat ini memang ribuan. Jumlahnya ribuan. Nanti sampai ke Maluku, Papua, semuanya nanti semuanya akan kita angkat,” kata Presiden pada HUT Kemerdekaan RI tahun 2020 saat mengenakan busana adat dari Kabupaten Timor Tengah Selatan, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Baca Juga :   Bupati Rembang: Hasil KLHS Kendeng Sudah di Meja Presiden Jokowi

Pada HUT Kemerdekaan 2019, Presiden memilih mengenakan busana adat khas Klungkung asal Bali.

Terakhir pada Senin kemarin, saat tampil pada Sidang Tahunan MPR RI tahun 2021 dan pidato kenegaraan pada Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI dalam rangka HUT ke-76 Proklamasi Kemerdekaan di Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI, Presiden Jokowi mengenakan busana adat Suku Baduy.(els)