PenaMerahPutih.com
HeadlineIndeksNusantara

Pangkoarmada II Lepas KRI Singa-651 Dukung BI Layani Pulau Terdepan, Terluar, Terpencil

KRI Singa-651 Dukung Bank Indonesia
Dukungan TNI AL kepada Bank Indonesia merupakan tugas menjaga wilayah NKRI.(Humas BI)

Surabaya, pmp – Panglima Komando Armada II Laksamana Muda TNI Dr Iwan Isnuwanto melepas KRI Singa-651 guna mendukung Layanan Kas Bank Indonesia untuk Pulau Terdepan, Terluar, Terpencil (3T) di wilayah Provinsi Jawa Timur

Pangkormada II Laksda TNI Iwan Isnuwanto melepas ‘Ekspedisi Singa Nusantara 2021’ yang merupakan kerja sama BI dan TNI AL, didampingi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Timur Budi Hanoto, anggota Komisi XI DPR Indah Kurnia, Direktur Departemen Pengelolaan Uang Yudi Harimukti dan Deputi Kepala Perwakilan Imam Subarkah.

“Dukungan TNI AL kepada Bank Indonesia merupakan tugas menjaga wilayah NKRI.  KRI Singa-651 bakal mendukung Layanan Kas untuk Pulau Masalembo, Pulau Kangean, Pulau Sepaken dan Pulau Nusa Penida,” kata Laksda Iwan Isnurwanto di Dermaga Madura Koamarda II Surabaya, Senin (18/10/2021).

Baca Juga :   Harga Pangan Terkendali, BI Prediksi Inflasi Juni 2021 di Level 1,4%

Selain mendukung Layanan Kas BI, juga dilakukan kegiatan ‘Edukasi Cinta, Bangga dan Paham Rupiah bersama TNI AL’ di wilayah 3T, di mana bakal dipergencar kampanye Cinta Rupiah yang berarti mampu mengenali, merawat dan menjaga Rupiah sebagai alat pembayaran yang sah di wilayah NKRI.

“Adapun kampanye Bangga Rupiah adalah kampanye untuk menggunakan Rupiah di setiap transaksi di wilayah NKRI,” tegas Laksda Iwan Isnurwanto.

Sementara Budi Hanoto mengatakan bahwa poin paling penting yang perlu dicermati adalah masih adanya transaksi menggunakan mata uang selain Rupiah dan rendahnya kebanggaan menggunakan Rupiah di wilayah 3 T.

“Peristiwa lepasnya Pulau Sipadan dan Ligitan dari NKRI pada tahun 2002, salah satunya disebabkan minimnya transaksi dan aktivitas ekonomi dengan mata uang Rupiah di kedua pulau tersebut,” kata Budi Hanoto.(hps)