PenaMerahPutih.com
EkbisHeadlineIndeksIndustri

Mendag Optimis Indonesia Jadi Pusat Produk Halal dan Kiblat Fesyen Muslim Dunia

Mendag Muhammad Lutfi saat seremonial Trade Expo Indonesia - Digital Edition 2021
Mendag Muhammad Lutfi saat seremonial Trade Expo Indonesia – Digital Edition 2021 yang dibuka Presiden Jokowi.(Biro Humas Kemedag)

Jakarta, pmp  – Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi optimis mewujudkan Indonesia menjadi pusat industri produk halal dan Jakarta kiblat fesyen muslim dunia, jika melihat kekuatan dan potensi besar yang dimiliki sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar.

Optimisme disampaikan Mendag Lutfi saat pembukaan Trade Expo Indonesia-Digital Edition (TEI-DE) yang digelar 21 Oktober hingga 20 Desember 2021, di mana rangkaian kegiatannya termasuk Halal Trade Forum yang digelar Jumat kemarin (22/10/2021) serta Embracing Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) pada Kamis 18 November 2021.

“Halal Trade Forum dan Embracing JMFW menjadi pembeda dari gelaran TEI-DE yang telah berlangsung tahun-tahun sebelumnya. Pada penyelenggaraan TEI-DE 2021 ini, kita punya dua pesan yang ingin diwujudkan, yaitu Indonesia menjadi pusat industri halal dunia dan Jakarta menjadi kiblat industri fesyen Islam dunia dan keduanya kita mulai tahun ini,” kata Mendag Lutfi.

Baca Juga :   Mendag Zulhas Luncurkan Minyakita Rp14.000 Per Liter

Menurut Mendag, pasar produk halal dunia sangat menjanjikan karena warga muslim dunia diperkirakan membelanjakan lebih dari US$ 2 triliun di sektor makanan, produk farmasi, kosmetik, fashion, serta wisata sehingga peluang harus dimanfaatkan dengan baik.

“Saat ini nilai ekspor produk halal Indonesia diperkirakan baru mencapai US$ 6 miliar atau peringkat ke-21 dunia. Sedangkan untuk ekspor fesyen muslim diperkirakan sebesar US$ 4,1 miliar atau peringkat ke-13 dunia,”  katanya.

Mendag Lutfi menambahkan, guna meningkatkan daya saing produk halal Indonesia di pasar global, Kemendag bekerja sama dengan PT Bank Negara Indonesia melalui BNI Xpora untuk meningkatkan kualitas produk, sekaligus dukungan dari segi pembiayaan dan jaringan agar para pembeli di luar negeri tertarik.

Baca Juga :   Kebutuhan Produk Halal Asia Pasific Capai 62%, Khofifah Ajak UMKM Berbasis Pesantren Ambil Bagian

Pada Embracing JMFW nanti akan digelar peragaan busana muslim yang akan menampilkan karya desainer muslim Indonesia, temu wicara dan showcase mini di bidang fesyen, termasuk memamerkan produk kosmetika halal.

“Dengan diselenggarakannya Halal Trade Forum dan Embracing JMFW, diharapkan Indonesia akan semakin mampu bersaing di pasar global dengan produk-produk halal dan fesyen muslimnya, sehingga bukan hanya menjadi jagoan di pasar lokal tetapi juga di pasar regional dan global,” pungkasnya.(hps)