PenaMerahPutih.com
Ekbis Headline Indeks Industri

Sustainability Report PJB Raih Prestasi Gold di ASRRAT 2021

Jakarta, pmp – PT Pembangkitan Jawa-Bali (PJB) meraih peringkat Gold dalam Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT) 2021 yang diadakan National Center for Sustainability Reporting (NCSR) pada Pengumuman Penghargaan ASRRAT 2021, Rabu (17/11/2021).

“Ini penghargaan kedua kalinya berturut-turut setelah sebelumnya tahun 2020 PJB mendapatkan penghargaan serupa atas prestasinya menghadirkan laporan berkelanjutan yang baik,” kata Direktur SDM dan Administrasi PJB, Karyawan Aji.

Sustainability Report (SR) adalah laporan yang disusun oleh perusahaan untuk mengungkapkan kontribusi perusahaan baik positif ataupun negatif terhadap pembangunan berkelanjutan berdasarkan segi ekonomi, lingkungan dan dampak sosial.

Penyusunan SR mengacu pada GRI Indeks yang memuat berbagai aspek untuk dituangkan dalam isi laporan. Global Report Initiative (GRI) adalah sebuah organisasi standar internasional yang independen. GRI selain membantu para pebisnis juga membantu pemerintah dan organisasi lain untuk mengerti dan mengkomunikasikan dampak bisnisnya dalam isu-isu penting melalui Standar Pelaporan GRI.

Baca Juga :   Komisi VII DPR Tinjau PLTGU Muara Tawar, Dioperasikan PJB Saat Beban Puncak Jamali

‘Ini adalah tahun kedua berturut-turut PJB mendapatkan peringkat GOLD dalam Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT), setelah sebelumnya tahun 2020 juga menerima peringkat yang serupa (Gold). Perusahaan tidak wajib membuat SR, namun PJB ingin meningkatkan keterbukaan informasi kepada stakeholder melalui laporan keberlanjutan, dan ini sebagai bentuk pertanggungjawaban perusahaan kepada stakeholder dalam hal menjaga sustainibility 3P (Profit, Planet, people) serta membangun kepercayaan stakeholder terhadap perusahaan,”  jelas Karyawan Aji.

Ajang penghargaan terhadap Sustainability Reporting ini telah digelar oleh NCSR sejak tahun 2005, dan telah mengalami beberapa kali perubahan nama dari sebelumnya Indonesia Sustainability Reporting Awards (ISRA), pada tahun 2013 berubah menjadi Sustainability Reporting Awards (SRA).  Dan terakhir pada tahun 2018 memiliki nama baru Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT) hingga sekarang.

Baca Juga :   PLTU Suge Belitung Pasok Listrik Andal, Sukseskan Rangkaian G20

“ Berbeda dengan tahun sebelumnya, sejak 2018 penghargaan bukan lagi berbentuk winner tetapi menjadi rating. Pesertanya juga bukan hanya dari Indonesia saja tapi meluas hingga kawasan Asia,” pungkas Aji. (hps)