PenaMerahPutih.com
Headline Indeks Sehat Cantik Tren

Nestlé Ajak Masyarakat Jaga Asupan Gizi Anak Guna Cegah Stunting dan Obesitas

Asupan gizi penting mendukung tumbuh kembang anak, terutama pada 1000 hari pertama kehidupan. (Ilustrasi)

Jakarta, PMP – Nestlé tak henti mengingatkan pentingnya asupan gizi pada anak Indonesia, dengan berkomitmen menyiapkan produk makanan dan minuman bergizi dan juga memberikan edukasi yang berkelanjutan kepada masyarakat tentang gizi seimbang pada anak.

“Asupan gizi merupakan salah satu faktor penting dalam mendukung tumbuh kembang anak, terutama untuk pertumbuhan fisik dan mental pada 1000 hari pertama kehidupan dan periode usia 5-10 tahun,” kata  Corporate Nutritionist Nestlé Indonesia Eka Herdiana, Sabtu (5/2/2022)

Sejalan dengan tema Hari Gizi Nasional tahun ini yaitu ‘Aksi Bersama Cegah Stunting dan Obesitas’, Nestlé berupaya untuk memenuhi kebutuhan gizi anak dan mengatasi masalah stunting dan obesitas melalui fortifikasi gizi dalam produk makanan dan minuman yang juga sejalan dengan misi Nestlé untuk menggunakan potensi makanan untuk meningkatkan kualitas hidup setiap individu, saat ini dan untuk generasi mendatang.

Pada 2020, Nestlé telah menyediakan 4 miliar sajian produk yang telah difortifikasi dengan zat-zat gizi penting, seperti zat besi, zink, vitamin A dan vitamin D.

Baca Juga :   Berdayakan UMKM, Nestlé Indonesia Kembangkan Talenta di Solo Technopark

Eka Herdiana mengatakan peran orang tua sangat diperlukan dalam pemenuhan kebutuhan gizi seimbang termasuk asupan makanan yang mengandung zat gizi makro seperti karbohidrat, lemak dan protein, dan zat gizi mikro seperti vitamin dan mineral.

“Zat gizi makro merupakan sumber energi yang dan bahan baku utama pembentukan sel dan juga beragam enzim, hormon, serta komponen pendukung lainnya dalam tumbuh kembang. Sedangkan zat mikro berperan dalam pengaturan metabolisme serta mendukung daya tahan tubuh,” katanya.

Asupan gizi yang seimbang menjadi salah satu kunci untuk mencegah stunting, di mana pertumbuhan anak terganggu karena kekurangan zat gizi dan menyebabkan tinggi badan di bawah rata-rata. Data dari BKKBN menunjukkan bahwa 24,4 persen balita di Indonesia mengalami stunting di tahun 2021.

Untuk mengatasi masalah stunting dan memperbaiki asupan gizi, Nestlé telah melakukan fortifikasi gizi seperti zat besi, zink, vitamin A dan vitamin D dalam produk-produknya, termasuk Dancow, Milo, Lactogrow, Batita, Nestle Ideal, Cerelac dan Koko Krunch guna mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak-anak Indonesia.

Baca Juga :   Hati-Hati, Diabetes Penyebab Kematian Kelima di Dunia

Selain stunting, obesitas pada anak juga menjadi tantangan yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia. Menurut Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2021, angka obesitas anak di Indonesia berada di 3,8 persen.

Oleh karena itu, Nestlé berupaya untuk memastikan kualitas serta pemberian gizi seimbang dengan mengurangi kandungan gula dalam produk kami dan mengaplikasikan logo ‘Pilihan Lebih Sehat’ dari BPOM untuk produk-produk minuman kemasan siap konsumsi seperti Bear Brand, Dancow UHT, Milo UHT dan Nestle Goodnes.

“Nestlé secara global menciptakan program Nestlé for Healthier Kids, atau Nestlé Dukung Anak Lebih Sehat, sebagai upaya untuk membangun pola hidup sehat bagi anak-anak sejak dini melalui orang tua dan guru,” kata Eka.

Baca Juga :   Luar Biasa Menjengkelkan Saat Hamil, Donita Kampanye Blackmores Bunda PAS

Program ini hadir guna mengajarkan anak-anak kebiasaan baik dalam mengatur pola hidup sehat seperti (1) makan makanan beragam dan bergizi seimbang, (2) mengatur porsi, (3) aktif bergerak, (4) minum air putih, dan (5) makan bersama keluarga.

Nestlé juga mengadopsi Isi Piringku dari Pedoman Gizi Seimbang oleh Kementerian Kesehatan RI sebagai acuan dalam mengatur porsi makan sesuai kebutuhan gizi sehari-hari. Program ini telah disosialisasikan melalui berbagai kampanye produk Nestlé seperti Milo Activ Indonesia, Dancow Siap Sekolah, Dancow Nutritods, Lactogrow Grow Happy, dan Batita Kampung Tangguh.

“Kami berharap dapat ikut berperan serta dalam memberantas stunting dan obesitas di kalangan anak-anak melalui berbagai program edukasi serta upaya penyesuaian kualitas gizi pada setiap produk Nestlé. Ke depannya, kami akan terus ikut berkontribusi dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia di Indonesia serta menciptakan masa depan yang lebih sehat untuk generasi selanjutnya,” tutup Eka.(nas)