PenaMerahPutih.com
HeadlineIndeksPolkam

Kemendag Gandeng Polri Tindak Tegas Mafia Migor

Mendag M Lutfi bersama Kapolri Listyo Sigit Prabowo meninjau pabrik migor BKP di Marunda Jakarta. (Biro Humas Kemendag)

Jakarta, PMP –Menteri  Perdagangan  Muhammad  Lutfi  bersama  Kepala  Kepolisian RI (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau  pabrik minyak goreng (migor) di kawasan Marunda, Jakarta Utara, Selasa (15/3/2022).

Dalam  kesempatan  tersebut Mendag  Lutfi  menegaskan  akan  menindak  tegas  mafia migor yang menyebabkan kelangkaan di masyarakat.

“Saat ini kita masih melihat kemungkinan-kemungkinan  karena  tingginya  harga  di  luar  negeri menyebabkan  orang-orang  berpikir  untuk  berbuat  curang.  Ini  yang  sedang  kita  cek  dan  kita memperingatkan, terutama  mafia-mafia  migor  yang  berusaha  mendapatkan  keuntungan  sesaat, Kemendag dan Polri akan datang dan tertibkan,” tegas Mendag Lutfi.

Haisil peninjauan pabrik migor PT BinaKarya  Prima  di  Jakarta  Utara tersebut ada 23,49 juta liter diproduksi pabrik periode 1—12 Maret 2022.

Baca Juga :   Sidak Pabrik Migor, Mendag Pastikan Stok Melimpah dan Siap Didistribusikan

Menurut Mendag saat ini stok migor sangat melimpah dan cukup untuk memenuhi kebutuhan nasional. Mendag Lutfi juga memastikan operasional pabrik terus  berjalan dan migor didistribusikan  hingga seluruh kabupaten dan kota di seluruh Indonesia.

“Ketika kebijakan Domestic Market Obligation (DMO)  dan Domestic Price Obligation (DPO) dikerjakan dengan baik, sebenarnya mampu mengurai permasalahan migor. Dalam 28 hari terakhir stok migor mencapai 500 juta  liter. Namun demikian, harga di pasar masih mengalami permasalahan,”ujar Mendag Lutfi.

Seperti diberitakan sebelumnya, pada periode 1—12 Maret 2022, PT BKP telah memproduksi 23,49 juta liter minyak goreng. Dari jumlah tersebut 12,87 juta liter diproduksi di pabrik yang berlokasi di Marunda, Jakarta Utara. Rata-rata produksi hariannya mencapai 1,43 juta liter/hari.

Baca Juga :   Mendag Lutfi Terima Penghargaan Most Popular Leader

Produksi juga dilakukan di pabrik yang berlokasi di Gresik, Jawa Timur sebanyak 10,62 juta liter dengan rata-rata produksi  hariannya  mencapai 1,18  juta liter per hari.  Produksi  minyak  goreng  PT  BKP  dilakukan setiap hari nonstop yakni setiap hari 24 jam dalam seminggu. (nas)