PenaMerahPutih.com
EkbisHeadlineIndeksMikro

Buka Pameran Grebeg Batik, Arumi: Berdayakan UKM Kembali Pulih Pascapandemi

Ketua Dekranasda Jatim Arumi Bachsin Emil Dardak

Surabaya, PMP – Ketua Dekranasda Jatim Arumi Bachsin Emil Dardak membuka pameran Grebeg Batik sebagai langkah nyata memberdayakan pelaku UKM sebagai wujud pemulihan ekonomi pascapandemi.

“Perajin dan pengusaha batik paling berdampak saat pandemi Covid-19. Saya apresiasi kepada seluruh pengusaha batik karena sampai saat ini eksis bahkan membuka lapangan kerja bagi masyarakat, juga mempertahankan karyawannya,” kata Arumi  saat membuka Pameran Grebeg Batik Indonesia 2022 di Atrium Grand City Mall Surabaya, Rabu, (20/4/2022).

Istri Wagub Jatim Emil Dardak ini mengapresiasi upaya perajin dan pengusaha batik dalam melestarikan warisan kerajinan batik. Tidak sekadar melestarikan, pameran ini diharapakan mampu mendongkrak roda ekonomi pasca pandemi Covid-19.

Baca Juga :   Usia Setahun, Startup Gadjian Luncurkan Aplikasi ‘Hadirr’

“Ini adalah salah cara melestarikan dan memperkenalkan batik kepada masyarakat lokal bahkan masyarakat internasional,” kata Arumi.

Grebeg batik tidak sekadar memberdayakan pelaku UKM, melainkan juga turut mempercepat pemulihan ekonomi yang dibarengi dengan kampanye ‘Bangga Buatan Indonesia’.

“Dari acara ini, bisa mendorong pelaku UKM untuk naik kelas hingga produknya bisa tembus luar negeri,” ungkapnya.

Melalui pameran yang diselenggarakan selama 5 hari (20-24 April) itu, Arumi berharap, pasca pandemi Pameran Grebeg Batik Indonesia menjadi peluang bagi perajin batik untuk meningkatkan ekonomi pasca pandemi.

“Membangun kemandirian pengusaha batik dan laju seni batik yang lebih baik dan berkualitas,” ujarnya.

Jumlah peserta pameran perajin dan pengusaha batik sebayak 71 orang yang berasal dari Papua, NTT, NTB, Kalimantan, Bali, Jatim, Jateng, Jawa barat dan Jakarta.

Baca Juga :   Kemenpar Gandeng Blibli Kembangkan Wonderful Indonesia

Selain produk batik, pameran dengan slogan ‘Asli batiknya, asli perajinnya dan asli harganya’, juga menyediakan berbagai macam akesoris hingga kerajinan kain tenun dari NTB dan NTT.(gdn)