PenaMerahPutih.com
Headline Indeks Nusantara

Arumi dan Puteri Indonesia Launching Batik Toket Pamekasan Go International

Arumi Batik Toket Pamekasan
Puteri Indonesia 2020 Ayu Maulida Putri dan Ketua Dekranasda Jatim Arumi Bachsin. (Humas Pemprov Jatim)

Pamekasan, pmp Arumi Bachsin (Ketua Dekranasda Jatim) dan Puteri Indonesia 2020 Ayu Maulida Putri launching batik Toket asli Pamekasan Go International. Tekad Dekranasda Jawa Timur menjadikan produk batik Jawa Timur makin mendunia.

Arumi mengajak para UMKM perajin batik Toket di Pamekasan lebih menfaatkan teknologi digital untuk memperkenalkan karya kearifan lokal Indonesia ke kancah internasional.

“Inovasi sektor UMKM dengan mengandalkan teknologi menjadi hal yang sangat penting karena sektor UMKM merupakan tulang punggung Jawa Timur dengan menyumbang Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) sebesar 56 % sehingga Jatim di posisi terbesar kedua pada pertumbuhan ekonominya secara nasional,” kata Arumi saat membuka Launching Batik Toket Go International (BATOGOIN) di FrontOne Hotel Pamekasan, Sabtu (27/3/2021).

Baca Juga :   Arumi Ajak Remaja Putri Hindari Diet Instan, Demi Turunkan Kematian Ibu dan Bayi di Masa Depan

Menurut Arumi, posisi strategis Jawa Timur bakal turut andil menentukan posisi Indonesia menuju negara maju karena banyaknya pelaku usaha.

Oleh sebab itulah, para UMKM dan para perajin batik harus memanfaat teknologi digital untuk memperkenalkan produk atau batik mereka untuk memperluas pasar.

“Untuk batik Toket misalnya, orang di Amerika, Jatim, atau di manapun, jika penasaran soal Batik Toket, mereka tinggal mengaksesnya melalui internet,” jelasnya.

Arumi juga menekankan pentingnya regenerasi perajin batik, khususnya perajin batik Toket yang merupakan salah satu produk kearifan lokal Pamekasan.

“Perekonomian negara dan warisan budaya merupakan dua aspek yang saling berkesinambungan. Regenerasi perlu dilakukan dan harus terus mendapatkan pembinaan agar saat generasi kita usai, masih ada yang meneruskan,” terangnya.

Baca Juga :   Arumi Ajak Perangi Stunting di Jatim, Siapkan Generasi Emas 2045

Keberadaan berbagai asosiasi maupun paguyuban perajin menjadi penting karena berperan sebagai wadah pengembangan industri kerajinan di Jawa Timur.

“Saya optimis jika produk batik Jawa Timur dapat bersaing di pasar global. Kita harus bersama-sama menerjang perubahan zaman dan beradaptasi dengan teknologi yang ada,” tegasnya.

Acara BATOGOIN menampilkan peragaan busana batik Toket Pamekasan yang disaksikan Puteri Indonesia 2020 yang berasal dari Jatim, Bupati Pamekasan H Baddrut Tamam, serta Ketua Dekranasda Kabupaten Pamekasan Nayla Baddrut Tamam. (els)