PenaMerahPutih.com
Headline Indeks Nusantara

PLN Berhasil Pulihkan Jaringan Listrik di Wilayah Terdampak Erupsi Gunung Semeru

Lumajang, PMP – PT PLN (Persero) terus bekerja keras mengerahkan petugas dan berbagai peralatan kerja untuk pulihkan jaringan kelistrikan pasca erupsi Gunung Semeru pada Minggu (4/12/2022).

Setelah berhasil mengalihkan tegangan listrik dari Penyulang Pronojiwo ke penyulang Ampelgading Kabupaten Malang pada pukul 19.30 WIB, secara bertahap PLN melakukan penormalan gardu-gardu distribusi yang terdampak.

Hingga pukul 21.24 WIB, dengan didukung 29 personil gabungan, Tim PLN telah berhasil memulihkan pasokan listrik sebanyak 116 gardu distribusi dari 121 gardu yang sebelumnya terdampak, pasokan listrik ke 28.917 pelanggan kembali normal.

Untuk 5 gardu lainnya yang masih padam wilayahnya  mengalami dampak cukup parah sehingga masih menunggu situasi dan kondisi yang lebih kondusif dan masyarakat wilayah tersebut seluruhnya telah dievakuasi di posko-posko pengungsian.

Baca Juga :   Hadir di Mall Pelayanan Publik, PLN Tawarkan Beragam Kemudahan kepada Pelanggan

“Hingga petang tadi, kami telah berhasil melakukan manuver jaringan Penyulang Pronojiwo sehingga pasokan listrik bisa terdistribusi di wilayah yang memungkinkan dan sudah dinyatakan aman,” kata  Lasiran dalam keterangannya Minggu (4/12/2022) malam.

Lasiran menambahkan sudah 116 gardu yang telah berhasil dinormalkan, sebanyak 5 gardu masih padam karena berada pada wilayah yang terdampak cukup parah, namun  masyarakat di lokasi tersebut sudah berada di tempat-tempat pengungsian dan menikmati listrik.

Sebagaimana terpantau, beberapa wilayah pengungsian yang tersebar baik di Candipuro maupun Pronojiwo dipastikan jaringan listriknya dalam kondisi aman, dan dapat digunakan untuk melayani masyarakat yang terdampak erupsi.

Selan itu, untuk meringankan beban masyarakat di posko-posko pengungsian yang sudah  mulai dipersiapkan Pemerintah Kabupaten Lumajang, Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN mengerahkan 1 unit ambulance, 1.000 pcs masker, 250 paket makanan siap saji, dan 500 paket makanan dari Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN di posko pengungsian.

Baca Juga :   Donasi Konsumen Alfamidi Gerak Cepat Bantu Korban Erupsi Semeru

Selain itu terdapat 3 (tiga) unit genset mobile yang dipersiapkan PLN untuk menunjang kebutuhan masyarakat.

PLN mengajak masyarakat agar selalu waspada terhadap bahaya kelistrikan ketika terjadi bencana. Untuk mengetahui informasi terkini atau menyampaikan aduan terkait kelistrikan, masyarakat dapat mengaksesnya melalui aplikasi PLN Mobile.(nas)