PenaMerahPutih.com
EkbisHeadlineIndeksIndustri

Jelang Ramadhan, PLN Pastikan Keandalan Listrik GI Sekarputih

 Mojokerto, PMP –  Menjaga keandalan sistem kelistrikan pada jaringan transmisi sebagai komitmen PLN melaksanakan pemeliharaan setelah munculnya hotspot (pemburukan koneksi) melalui thermovisi harian yang dilakukan di Gardu Induk (GI) 150 kV Sekarputih.

Manajer Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Malang, Ahmad Azhari Kemma, melalui keterangannya, Selasa (14/3/2023) mengatakan pemeriksaan suhu rutin dilakukan untuk memastikan kondisi sistem dalam keadaan prima.

“Cek suhu dengan thermovisi dilakukan rutin harian pada seluruh sistem, dan kami temui adanya suhu yang tinggi, sehingga perlu dilakukan pemeliharaan oleh Tim PDKB (Pasukan Dalam Keadaan Bertegangan), mengingat suplai juga kepada pelanggan tegangan tinggi”, terang Azhari.

Azhari mengungkapkan, upaya pemeliharaan yang dilaksanakan pada Kamis (9/3/2023) berhasil dilakukan dengan lancar selama 3 jam sejak dilakukannya persiapan.

Baca Juga :   Jelang KTT G20, PLN Pamerkan 2 PLTS dan 33 PV Rooftop di Bali

“Pekerjaan pembersihan klem berhasil diselesaikan pada pukul 12.00 WIB dalam kondisi sistem bertegangan oleh 7 orang tim PDKB didukung oleh cuaca yang cerah sehingga memudahkan tim dalam pengerjaannya.

Pekerjaan pemeliharaan ini disebutkan oleh General Manager Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali, Didik Fauzi Dakhlan, sebagai langkah mempersiapkan sistem kelistrikan pada jaringan transmisi dapat optimal dalam penyaluran kebutuhan pasokan listrik kepada pelanggan memasuki bulan Ramadhan.

“Pemeliharaan di GI Sekarputih dilakukan secara bertegangan agar tidak mengganggu aktivitas industri sebagai komitmen PLN dalam penyediaan pasokan kebutuhan listrik yang andal kepada pelanggan terutama  pelanggan KTT (Konsumen Tegangan Tinggi), selain itu juga untuk mempersiapkan keandalan jaringan transmisi dalam memasuki bulan Ramadhan sehingga pelanggan dapat beribadah dengan tenang”, paparnya.

Baca Juga :   PJB Tandatangani Amandemen Kontrak AMC dengan PLN UIK SBU

Didik juga menyebutkan, dengan penyelesaian pekerjaan secara online atau sistem dalam kondisi bertegangan tanpa padam, PLN berhasil meminimalisir potensi beban berlebih pada salah satu jalur transmisi.

“PLN dapat menyelamatkan energi sebesar 21 Megawatt dalam pemeliharaan secara online pada GI Sekarputih”, ungkap Didi.

Perihal penyaluran pasokan kelistrikan sendiri, GI Sekarputih menyalurkan untuk kebutuhan pelanggan rumah tangga hingga pelanggan KTT di daerah Mojokerto dan sekitarnya, yaitu PT Tjiwikimia, PT Bangun, juga PT Ajinomoto Indonesia.(nas)