PenaMerahPutih.com
Headline Indeks Polkam

Tambah Stok BBM-LPG 15% Amankan Libur Lebaran, Pertamina Imbau Masyarakat Bijak Membeli

SURABAYA, PMP –  Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bali dan Nusa Tenggara (Jatimbalinus) menambah stok BBM dan LPG sebesar 10-15% guna memastikan masyarakat dapat menjalankan tradisi mudik, ibadah Ramadan dan Idul Fitri dengan aman dan nyaman.

Executive GM Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus, Dwi Puja Ariestya mengatakan penambahan dilakukan di storage seluruh Jatimbalinus dengan tetap selektif memperhatikan peningkatan konsumsi harian.

“Kami mengimbau masyarakat tidak perlu melakukan pembelian secara berlebih di awal karena bahan bakar kami pastikan selalu tersedia,” kata Dwi Puja Ariestya saat melakukan pengecekan posko siaga Pertamina dan SPBU rest area 725A ruas tol Mojokerto – Surabaya, Jumat (14/4/2023).

Dwi menjelaskan Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus melakukan serangkaian proyeksi dan kalkulasi dan memprediksi kenaikan konsumsi pada momen Ramadan dan Idul Fitri khususnya H-10 dan H+10 Idul Fitri di Wilayah Jatimbalinus .

Sektor transportasi konsumsi BBM jenis Gasoline (bensin) terdapat kenaikan konsumsi sebesar 7,1% dari rerata normal 17.963 kilo liter. Sedangkan Gasoil (diesel) turun sebesar 10,6% dari rerata normal 8.119 kilo liter.

Konsumsi BBM Khusus KAI naik sebesar 4,5% dari rerata normal 143 kilo liter, sedangkan untuk angkutan via laut turun sebesar 5% dari rerata normal 605 kilo liter.

Hal tersebut dikarenakan terdapat kenaikan untuk angkutan penumpang, namun bersamaan diiringi penurunan transportasi barang via laut yang signifikan pada momen tersebut sehingga secara total turun.

Baca Juga :   Pertamina Sterilisasi Sarfas Distribusi dan Tabung LPG

Konsumsi Avtur untuk penerbangan naik sebesar 13,3 % dari rerata normal 2428 kilo liter seiring dengan frekuensi penerbangan yang meningkat.

Sektor domestik rumah tangga, enaikan konsumsi LPG diprediksi meningkat sebesar 7,9 % dari konsumsi normal 5,787 metrik ton terdiri dari LPG 3kg naik sebesar 7,3% dari konsumsi normal 5614 metrik ton dan LPG Non subsidi naik 27,4% dari konsumsi normal 173 metrik ton.

“Seluruh data tersebut di atas didasarkan pada konsumsi normal pada bulan Maret 2023,” ujarnya.

Antisipasi kemacetan

Guna mengamankan kebutuhan BBM masyarakat selama libur lebaran, Pertamina melakukan kinerja ekstra  dengan membentuk Satgas RAFI Pertamina Siaga mulai tanggal 1 April – 2 Mei 2023.

Dwi menjelaskan Satgas Rafi akan memonitor secara ekstra untuk menjamin distribusi dan kesiapsiagaan seluruh lembaga penyalur baik BBM maupun LPG serta keadaan khusus (emergency lainnya) yang dapat mengganggu kelancaran distribusi.

“Dalam mendukung kelancaran perjalanan selama periode Pertamina Siaga, kami menambah layanan berupa 100 Motorist Pertamina Delivery Service dan 15 Kantong BBM berbentuk Mobil Tanki (Mobile Storage) se-Jatimbalinus  yang akan siaga pada titik-titik rawan kemacetan, bencana dan konsentrasi pemudik serta destinasi wisata utama di Jatimbalinus. Kedua layanan tersebut untuk memangkas jarak supply dan mendekatkan energi ke konsumen,” papar Dwi.

Baca Juga :   Buka Akses Pasar, Pertamina Ikutkan 24 Mitra Binaan di Jatim Fair 2020

Selain itu, lanjutnya, menambah 10 Kiosk Modular Dispenser untuk 10 titik Rest Area yang tidak memiliki SPBU, menyiagakan 13 SPBU di Jalur Tol dan 1075 SPBU dan 764 Agen LPG Siaga di Jalur Non Tol dengan menambah jam operasional mereka.

Khusus Jalur Tol, agar pemudik merasa nyaman dan membantu mengurangi kecelakaan akibat faktor kelelahan, Pertamina menyediakan 3 Rumah Pertamina Siaga yang siap mengecek kondisi kesehatan pemudik, menyediakan tempat beristirahat sementara dengan aman dan nyaman.

“Momen ini kita juga siaga terhadap adanya gangguan cuaca dan  bencana alam yang dapat mengganggu distribusi. Serta menyiagakan seluruh instalasi Pertamina maupun lembaga penyalur utamanya terhadap faktor safetynya. Pola alternatif dan emergency supply kita siapkan dari segala penjuru supply point BBM dan LPG untuk mengantisipasi terputusnya distribusi akibat faktor tersebut,” katanya.

BBM Berkualitas

Dwi berharap masyarakat agar selama perjalanan tidak menemui kendala pada mesin kendaraan,  dapat melakukan pembelian bahan bakar berkualitas seperti Pertamax Series dan Dex Series.

Sebagaimana catatan Pertamina, untuk konsumsi pada momen natal dan tahun baru yang lalu  peningkatan terjadi pada produk Pertamax meningkat total 15%\ dan Dex Series meningkat total 7,5% dibandingkan normal harian pada saat itu.

Baca Juga :   Pertamina Siaga

“ Hal ini membuktikan bahwa Pemudik sudah sadar akan penggunaan BBM Berkualitas untuk Perjalanan Jauh dan kami harapkan dapat diterapkan secara kontinyu menggunakan BBM sesuai spesifikasi oktan kendaraan pada konsumsi sehari-hari agar mesin terus terjaga.

Terakhir  belajar dari pandemi agar higienis dan menambah literasi digital kita. Kami menghimbau agar masyarakat bertransaksi secara non tunai di SPBU dengan menggunakan aplikasi MyPertamina yang dapat diunduh di Appstore dan PlayStore.

Tersedia beragam promo serta hadiah menarik di dalam aplikasi tersebut sampai dengan akhir tahun ini untuk setiap pembelian Pertamax Series dan Dex Series

“Saya secara pribadi bersama dengan jajaran Direksi dan pejabat Kementerian terkait telah melakukan inspeksi dan pengecekan terhadap seluruh sarana fasilitas kami, berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat dan Daerah, Kepolisian, TNI, Perbankan, Telekomunikasi dan seluruh stakeholder terkait, dan kami berterimakasih atas kerjasama yang selama ini terjalin dengan baik untuk menjamin kelancaran dan kenyamanan seluruh sektor terkait dalam masa Ramadhan dan Idul Fitri ini,” ujar Dwi.

Pertamina Siaga Hadir dengan 3 konsep utama,  yakni Layanan Ketersediaan Energi, Layanan Tambahan dan Layanan Promosi.

“Semua dibungkus dengan semangat Energi Untuk Iringi Perjalanan Menuju Keberkahan  sebagai bagian dari menghangatkan momen beribadah dan silaturahmi masyarakat,” pungkas Dwi. (nas)