PenaMerahPutih.com
Ekbis Headline Indeks Mikro

Apresiasi Insan Media, PTPN XI Gelar Pasar Murah

PTPN XI menggelar pasar murah bagi insan media di kantor pusat, Kamis (14/5/2020).

Surabaya, PMP – PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI memberi apresiasi kepada insan media yang selama ini menyajikan infomasi terbaru yang dibutuhkan masyarakat dalam penanggulangan wabah pandemi COVID-19.

Apresiasi diberikan dalam bentuk pasar murah untuk insan media yang dilaksanakan di Kantor Pusat PTPN XI, Jalan Merak, Surabaya, pada Kamis (14/5/2020).

Humas PTPN XI, Brilliant Johan Anugrah mengatakan, sebanyak 1 ton gula disalurkan dalam kegiatan tersebut. Harga gula yang ditawarkan sesuai harga eceran tertinggi (HET) yakni Rp 12.500 per kilogram.

“Pasar murah ini sekaligus sebagai bagian dari upaya stabilisasi harga gula. Kegiatan ini merupakan apresiasi PTPN XI terhadap profesi wartawan dan membantu insan pers dalam mendapat gula jelang hari Raya,” kata Briliant, Kamis.

Baca Juga :   Corona Dunia Tembus 24 Juta, Berikut 10 Negara Kasus Positif Tertinggi

Baca juga: PTPN XI Gelar Pasar Murah GulaRp 12.500 per Kilogram

Sejak awal tahun ini,  gula selain sulit didapat, harganya di pasaran berada di atas HET yang sudah ditetapkan pemerintah. Di beberapa pasar tradisional, harga eceran gula pasir tertinggi pernah mencapai Rp 18.000-18.500 per kg.

“Kini di pasar harga gula sudah mulai turun ke kisaran Rp 15.000-16.000 per kg. Kami berharap harga semakin stabil seiring bertambahnya stok gula yang beredar di pasar, sehingga masyarakat bisa mendapatkan kembali gula dengan mudah,” katanya.

Kebutuhan gula kristal putih untuk konsumsi langsung nasional sebesar kurang lebih 3 juta ton. Jumlah ini lebih besar daripada produksi gula kristal putih (GKP) nasional sebesar  2,1 juta ton, sehingga ada selisih kurang (defisit) antara supply dan demand. Hal ini yang menyebabkan gula jarang didapat di pasaran dan harga naik melebihi HET. (hps)