PenaMerahPutih.com
HeadlineIndeksNusantara

Alfamidi Bangun Fasilitas Ramah Disabilitas, Komitmen Dorong Budaya Inklusi

Alfamidi telah mempekerjakan sebanyak 255 disabilitas yang tersebar baik di area toko, gudang, maupun kantor. (Alfamidi)

Surabaya, PMP – PT Midi Utama Indonesia Tbk (Alfamidi) terus berupaya menjadi perusahaan Inklusif dengan mengakomodir dan menghargai keberagaman karyawan khususnya penyandang Disabilitas.

Sejak tahun 2019 Alfamidi aktif memberikan kesempatan bagi penyandang disabilitas bergabung menjadi karyawan melalui program Alfability sesuai dengan kompetensi bidang pekerjaannya.

Hingga 30 Juni 2023, Alfamidi telah mempekerjakan sebanyak 255 disabilitas yang tersebar baik di area toko, gudang, maupun kantor.

Human Capital Director Alfamidi Tri Wasono Sunu mengatakan sebagai perusahaan inkusif Alfamidi membuka lapangan kerja dan pengembangan potensi karir yang sama dengan karyawan lainnya.

“Tidak hanya itu, perusahaan juga selalu berusaha menciptakan lingkungan kerja yang harmonis sehingga seluruh karyawan dapat memaksimalkan produktivitas dalam bekerja ataupun beraktivitas di lingkungan kerja,” kata Tri Wasono Sunu, Jumat (28/7/2023).

Baca Juga :   Migor Selalu Ludes, Alfamidi Jelaskan Alur Distribusi Gudang

Salah satu yang dilakukan adalah mengakomodir pembangunan sarana dan prasarana bagi para disabilitas agar mereka merasa nyaman saat bekerja.

Pembangunan sarana itu berupa area parkir khusus, kursi prioritas yang akan diletakkan di lobi kantor Cabang, dan pembuatan ramp (jalur tangga disable) agar memudahkan saat mobilitas.

“Saat ini sedang dalam tahap Pembuatan Ramp sebagai pilot project di Cabang Boyolali dan sudah 50% pengerjaan. Lalu pembangunan untuk parkir dan kursi prioritas untuk disabilitas di semua kantor Cabang Alfamidi. Target kami proses yang sedang berjalan ini dapat selesai di awal September,” ujarnya.

Selain sarana,  perusahaan juga menyediakan prasarana seperti materi video pembelajaran yang saat ini sudah dilengkapi dengan teks agar teman-teman Tuli bisa menyerap dengan baik materi pelatihan  yang disampaikan.

Baca Juga :   Peringati Hari Pahlawan, Alfamidi Gelar Funbike dan Funwalk Berhadiah Mobil

“ Cara ini sangat membantu dalam proses pengembangan kompetensi mereka,” imbuh Tri Wasono Sunu.

Di sisi lain perusahaan juga aktif memberikan pelatihan bagi karyawan non disabilitas agar mampu merangkul dan mendorong potensi rekan disabilitas. Kelas bahasa isyarat misalnya, diadakan rutin agar para karyawan mampu berinteraksi secara baik dengan rekan tuli.

Alfamidi berkomitmen untuk menjadi wadah terbaik agar mereka mendapatkan peluang dan hak yang sama. Hal ini menjadi suatu bukti nyata bentuk dukungan Perusahaan dan implementasi dari UU No.8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.

Sunu meyakini, mereka yang memiliki keterbatasan fisik atau kognitif pasti memiliki kelebihan pada aspek lain.

“Yang paling patut diapresiasi dan dicontoh adalah semangatnya dalam bekerja,” tandas Sunu.(nas)