PenaMerahPutih.com
HeadlineIndeksNusantara

PLN Gencarkan Sosialisasi dan Edukasi Keselamatan Ketenagalistrikan di Berbagai Daerah

 Surabaya, PMP – Sebagai upaya meningkatkan partisipasi masyarakat akan keselamatan ketenagalistrikan umum serta memberikan edukasi penggunaan digitalisasi layanan, PLN melakukan sosialisasi mulai dari instansi pemerintahan, masyarakat umum, hingga anak usia sekolah di berbagai daerah di Jawa Timur.

Di Magetan, sosialisasi dilakukan antara PT PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan (ULP) Magetan bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Magetan tentang Keselamatan Ketenagalistrikan dan Penerangan Jalan Umum (PJU) Ilegal kepada aparatur Kecamatan Nguntoronadi dan Kecamatan Takerandengan.

Camat Nguntoronadi, Visco Yudha Arista serta Camat Takeran, Jaka Prastawa menyampaikan pentingnya kegiatan sosialisasi ini sehingga seluruh Lurah dan perangkat desa di dua kecamatan turut hadir dan terlibat langsung.

“Materi terkait Keselamatan Ketenagalistrikan dan PJU ini penting disosialisasikan agar dapat menjadi perhatian bersama dan ditindaklanjuti agar permasalahan terkait PJU dapat diselesaikan,” ujar Visco pada sambutannya, di Kecamatan Nguntoronadi, pada Kamis (23/11).

Baca Juga :   1.388 Personel PLN Siaga Amankan Pasokan Listrik Jelang Natal dan Tahun Baru 2023 di Jawa Timur

Manager ULP Magetan, Bambang Wahyu Sumbo Widodo selain menjelaskan tentang pentingnya keselamatan ketenagalistrikan, juga mengenai implikasi putusan MK Nomor 80/PUU-XV/2017 serta garis besar perubahan nomenklatur PPJ menjadi PJBT.

“Melalui perubahan kebijakan ini ke depannya PLN berharap masyarakat dapat semakin bijak dalam penggunaan energi listrik. Kami juga memohon bantuan serta kerja sama dari pemerintah Kabupaten Magetan untuk menertibkan PJU ilegal yang masih ada demi kepentingan dan keselamatan masyarakat,” jelas Bambang.

Selain itu PLN juga melakukan sosialisasi serupa di Kantor Desa dan Kelurahan diantaranya Desa Kauman Kecamatan Bojonegoro Kabupaten Bojonegoro, Desa Banyuanyar Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi dan Kelurahan Babatan Kecamatan Wiyung Kota Surabaya. PLN disambut hangat oleh warga saat menggelar sosialisasi tersebut.

Baca Juga :   Layanan PLN 123 Borong 56 Medali di Ajang The Best Contact Center Indonesia Award

Manager PLN ULP Karangpilang, Timbar Imam Priadi juga menambahkan tentang berbagai produk dan promo yang dapat memberikan manfaat ekonomis dan kenyamanan bagi pelanggan.

“Saat ini di PLN ada promo tambah daya, dengan memanfaatkan promo ini, masyarakat akan mendapatkan kemudahan dan keuntungan,” ujarnya, Jumat (24/11).

Pentingnya pemahaman pada anak usia sekolah terhadap keselamatan ketenagalistrikan, PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Pasuruan juga turut menggelar sosialisasi keselamatan ketenagalistrikan di lingkungan sekolah.

Dalam kegiatan sosialisasi yang diikuti oleh 36 siswa/siswi serta dewan guru SMA Negeri 1 Pandaan ini, disampaikan beberapa informasi terkait masalah kelistrikan.

Di antaranya, potensi terjadinya kecelakaan listrik, bahaya bermain layang-layang terutama dengan menggunakan bahan tali kawat, pengenalan aplikasi PLN Mobile, serta tips cara memanfaatkan listrik secara bijak, baik dan benar.

Baca Juga :   Listrik PLN Tanpa Kedip, Jutaan Umat Bisa Khidmat Peringati Satu Abad NU di Sidoarjo

Menurut Manager PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Pandaan, Hendy Pranata antusiasme siswa yang mengikuti kegiatan sosialisasi cukup besar.

“Anak usia sekolah merupakan fase dimana mereka ingin tahu berbagai hal baru khususnya yang menyangkut masalah kelistrikan. Melalui sosialisasi ini kami berharap informasi yang didapatkan bisa disampaikan kepada siapa saja yang berada disekitar tempat tinggal mereka, termasuk orang tua dan sanak saudara yang lainnya,” ujar Hendy, saat melakukan sosialisasi di SMA Negeri 1 Pandaan, pada Rabu (23/11). (nas)