PenaMerahPutih.com
EkbisHeadlineIndeksIndustri

Pastikan Keandalan Listrik Jelang Idul Adha, PLN UIT JBM Selesaikan Penggantian Isolator Korosi

 Malang, PMP –  PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBM) melakukan pemeliharaan infrastruktur melalui assesmen rutin untuk memastikan kondisi material transmisi berfungsi optimal guna menjaga keandalan sistem transmisi untuk memastikan pasokan listrik aman menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 H di wilayah Jawa Timur hingga Bali.

General Manager PLN UIT JBM, Amiruddin melalui keterangan tertulisnya, Senin (10/6/2024) mengatakan  assesmen rutin dilakukan sebagai langkah preventif untuk menjaga keandalan kelistrikan.

“UPT (Unit Pelaksana Transmisi) Malang menemukan anomali pada isolator suspension karena korosi di di Gardu Induk (GI) 150kV Sekarputih. Isolator yang korosi ini berpotensi mengalami overheat dan terputus, dan berdampak serius pada keandalan pasokan listrik. Sehingga dari assesmen rutin inilah dapat diambil langkah cepat yang harus dilakukan”, tutur Amiruddin.

Baca Juga :   DPR Apresiasi PLN Siapkan Listrik Masa Mudik 2023 Lebih Dini dan Lebih Baik

Amiruddin menambahkan pekerjaan dilakukan dalam keadaan sistem bertegangan. “Sebanyak 10 keping isolator korosi diganti oleh tim PDKB (Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan) dalam kondisi sistem tetap online, sehingga tidak mengganggu aktivitas warga di akhir pekan (8/6). GI Sekarputih ini menyalurkan kebutuhan listrik pelanggan mencakup wilayah Kota Mojokerjo, Kab. Mojokerto, Kab. Jombang dan sebagian Kab. Sidoarjo , ungkapnya.

PLN terus memastikan keandalan sistem transmisi andal mendekati perayaan Idul Adha pekan depan. “Memastikan sistem transmisi tetap andal menjadi komitmen PLN, terutama dalam memenuhi kebutuhan pelanggan pada moment spesial seperti Hari Raya Idul Adha. Langkah preventif terus dilakukan PLN dengan assesmen rutin setiap hari memantau peralatan berfungsi optimal, sehingga kesiapan dari sisi internal peralatan transmisi aman”, papar Amiruddin sebutkan langkah persiapan PLN jelang Idul Adha.

Baca Juga :   Pelanggan Listrik 3.500 VA Bisa Gunakan 10 Alat Elektronik Bersamaan Tanpa Padam

Amiruddin juga sampaikan ajakan PLN kepada masyarakat untuk berpartisipasi menjaga keamanan infrastruktur kelistrikan yang berada disekitar tempat tinggal.

“PLN mengajak seluruh masyarakat juga memastikan tidak melakukan aktivitas yang membahayakan diri sendiri dan jaringan tower transmisi, dengan tidak bermain layang-layang atau menerbangkan balon udara yang berpotensi besar membahayakan sistem keandalan transmisi. Warga juga bisa melaporkan jika melihat aktivitas membahayakan yang terlihat pada jaringan transmisi melalui aplikasi PLN Mobile”, pungkas Amiruddin. (nas)