Lima Menteri Ini Diprediksi Aman, Jika Jokowi Reshuffle Kabinet

Juli 5, 2020
Jokowi Reshuffle Kabinet

Presiden Jokowi dan para menterinya. (setneg.go.id)

Jakarta, PMP – Lima menteri diprediksi bakal aman posisinya jika Presiden Jokowi melakukan reshuffle atau merombak kabinet. Sebelumnya Presiden mengancam bakal mencopot para menteri yang tak serius  tangani COVID-19.

Pernyataan Jokowi soal reshuffle atau perombakan kabinet dilontarkan  pada sidang kabinet paripurna di Istana Negara, Jakarta, 18 Juni 2020. Video kegusaran Presiden diunggah melalui akun YouTube Sekretariat Presiden, pada Minggu (28/6/2020).

“Langkah apapun yang extraordinary akan saya lakukan. Untuk 267 juta rakyat kita, untuk negara, bisa saja membubarkan lembaga, bisa saja reshuffle. Sudah kepikiran ke mana-mana saya,” tegas Presiden Jokowi.

Baca juga: Presiden Bakal Reshuffle Jajaran Kabinet yang Tak Serius Tangani COVID-19

Pernyataan Presiden soal reshuffle tentu membuat publik bertanya-tanya, siapa menteri yang kira-kira bakal dicopot oleh Jokowi.

Pengamat politik Hendri Satrio yang  juga pendiri  Lembaga Survei Kedai Kopi, membantu memprediksi beberapa menteri yang justru bakal aman posisinya.

“Kalau yang bertahan, paling Prabowo, Erick Thohir, Basuki dan Retno,” ujar Hendri seperti dikutip Kompas.com, Minggu (5/7/2020).

Ada alasan tertentu mengapa Menhan Prabowo Subianto, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi bakal aman posisinya.

Basuki Andalan Jokowi

Menurut Hendri, Prabowo selama menjadi Menhan melakukan banyak terobosan dan perbaikan di Kemenhan.

“Prabowo sebenarnya sahabat Jokowi. Selama jadi Menhan, beliau lakukan terobosan dan pembenahan yang bagus,” kata Hendri.

Erick Thohir dinilai juga melakukan banyak hal baik memperbaiki kinerja Kementerian BUMN, termasuk dalam penanganan COVID-19.

Sementara Basuki Hadimuljono, merupakan andalan Presiden Jokowi mewujudkan pembangunan infrastruktur.

“Basuki andalan Jokowi untuk mewujudkan monumen-monumen infrastruktur Jokowi sehingga dia tidak mungkin diganggu,” kata Hendri.

Begitu juga Retno Marsudi yang melaksanakan tugasnya dengan baik sebagai Menteri Luar Negeri.

Selain keempat menteri tersebut, Hendri juga memprediksi Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro juga bakal aman.

“Bambang Brodjonegoro juga menteri andalan Jokowi yang termasuk ke jajaran menteri paling loyal,” katanya.(gdn)