PenaMerahPutih.com
Ekbis Headline Indeks Teknologi

Pelanggan XL Axiata Wilayah Timur Naik 27,9 Persen

Hiasinta H Paembonan, General Manager Sales Operation East Java XL Axiata East Region.

Surabaya, pmp – Jumlah pelanggan XL Axiata wilayah timur naik 27,9 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun 2016. Jumlah pelanggan mencapai 16 juta hingga November 2017.

“Sebanyak 60 persen dari 16 juta pelanggan di east region merupakan pengguna data,” kata Hiasinta H Paembonan,  General Manager Sales Operation East Java XL Axiata East Region, saat memaparkan kesiapan jaringan XL menghadapi libur panjang Natal dan Tahun Baru, di Hotel Bumi Surabaya, Senin (18/12/2017).

Menurut Hiasinta, revenue data XL juga mengalami kenaikan sebesar 34,1 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. Hal ini disebabkan kenaikan traffic data sebesar 57 persen.

Terkait libur panjang Natal dan Tahun Baru 2018, PT XL Axiata Tbk menyatakan siap menjaga kualitas layanan tetap prima demi kepuasan pelanggan.

Baca Juga :   Haul Akbar, XL Axiata Perkuat Jaringan di Martapura dan Banjarbaru

“Kami menyiagakan tim yang akan siap 24 jam, baik di pusat pemantauan jaringan, maupun di lapangan. XL Axiata berkomitmen menjaga kualitas layanan telekomunikasi, internet, serta data secara maksimal sepanjang libur akhir tahun,” katanya.

Berdasarkan pengalaman liburan Natal dan Tahun Baru, kenaikan trafik biasanya terjadi di area tertentu seperti pusat keramaian di perkotaan dan lokasi wisata.

Baca juga: Gebrakan XL Axiata, Tercipta 180 Video Wisata Karya Siswa SMU

“Infrastruktur jaringan milik XL Axiata yang ada saat ini, khususnya di east region, masih mampu melayani kemungkinan kenaikan trafik semua layanan, terutama data,” kata Hiasinta.

Sampai akhir 2017, infrastruktur jaringan XL Axiata di east region telah mencapai lebih dari 3.600 BTS 4G untuk wilayah Jawa Timur, Bali dan Lombok. XL Axiata juga membangun 5.250 BTS 3G yang mencakup Jawa Timur, Bali, Lombok dan Sumbawa, serta Nusa Tenggara Timur (NTT).

Baca Juga :    XL Axiata Sediakan Akses Komunikasi Gratis untuk BNPB Tangani Covid-19

Tak hanya itu, XL Axiata juga sudah melakukan ekspansi ke area bagian timur, yakni Sumbawa dan NTT. Target di 2018, pelanggan di area Sumbawa dan NTT bisa menikmati layanan 3G dan 4G.

Untuk Sumbawa, targetnya lima kota dan bakal melayani sekitar 85 persen total populasi.  Sementara NTT targetnya Kupang, Labuan Bajo dan Maumere, serta menjangkau 80 persen area NTT. XL Axiata juga berencana membangun lebih dari 400 BTS 3G/4G hingga 2018 di NTT. (hap)