PenaMerahPutih.com
Headline Indeks Nusantara

Dosen Unusa Surabaya Beri Kuliah di Universiti Malaysia Sabah

Surabaya, PMP – Friska Ayu SKM MKK, dosen Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) memberikan kuliah umum di Fakultas Perubatan dan Sains Kesehatan (FPSK) Universiti Malaysia Sabah (UMS). Dosen Prodi D4 Keselamatan dan Kesehatana Kerja (K3) itu memberi kuliah bertema ‘Safety Culture  Implementation at Workplace’.

Kuliah tamu dosen Unusa di FPSK UMS merupakan realisasi  penandatanganan LoI (letter of implementation) antara Fakultas Kesehatan (Fkes) Unusa dengan FPSK UMS.

Penandatanganan dilakukan saat delegasi Unusa diundang UMS dalam rangkaian kegiatan wisuda UMS di Sabah, Malaysia, 22-24 November 2019.

Delegasi Unusa yang hadir pada wisuda UMS adalah Firdaus SKep Ns MKes (Wakil Dekan FKes), Maharani Pertiwi Koentjoro Ph D (dosen D4 Analis Kesehatan dan Ketua Lab Biomolekuler), serta Friska Ayu. Kehadiran ketiganya merupakan tindak lanjut penjajakan kerja sama antara kedua universitas melalui teleconference, pada 17 Oktober 2019.

Baca Juga :   Unusa Incar Level ASEAN Lewat GENUS

“Ada tiga program kerja sama yang akan ditindaklanjuti dalam penandatangan LoI antara FKes Unusa dengan FPSK UMS. Yakni student exchange, lecturer/staff exchange, dan joint/collaboration research,” kata Firdaus.

Menurutnya, student exchange melalui kegiatan spicy camp dengan dua program. Program lecturer/staff exchange melalui kegiatan pengajaran. Salah satunya di bidang occupational safety and health. Kerja sama ketiga pada bidang penelitian dan pengabdian masyarakat melalui join research.

Saat ini sedang berlangsung join research antara Firdaus SKep Ns MKes dari Unusa  dengan Prof Shamsul dari UMS. Sementara Moch Sahri  dosen Prodi D4 K3 menjadi reviewer.  Dia merupakan salah satu reviewer jurnal di Borneo Jurnal of Medical Science.

Baca Juga :   Ini Kiat Lolos Wawancara Kerja

“Untuk kegiatan lecturer exchange sudah dilakukan dosen Friska Ayu yang mengisi kuliah umum di FPSK UMS pada 22 November. Sementara Prof Shamsul Bahari Shamsudin dari UMS sebagai Adjunct Professor diagendakan akan membawakan kuliah online,” kata Firdaus.

Usai melakukan penandatanganan LoI dan kuliah pakar, delegasi Unusa diundang menghadiri kegiatan Majelis Konvekesyen atau wisuda UMS pada 23 November 2019.

“Malam harinya kami gala dinner dengan FPSK UMS untuk melanjutkan diskusi implementasi kerja sama. Seperti penawaran program magister dan doktoral bagi mahasiswa dan dosen apabila ingin melanjutkan studinya.  Program ini sebagai pengganti wacana double degree yang belum bisa dilaksanakan,” kata Friska.

Kerja sama Unusa dengan UMS merupakan bagian dari upaya Unusa meningkatkan jaringan internasional dengan memperluas kerja sama dengan universitas di luar negeri. Sebagai langkah awal, dijalin dengan univeritas di negara-negara Asia Tenggara seperti universitas di Philipina, Thailand, Taiwan. (gdn)