PenaMerahPutih.com
Ekbis Headline Indeks Industri

Gubernur Khofifah Panen Perdana Klengkeng Premium Lumajang

Gubernur Khofifah
Gubernur Khofifah antusias memetik buah klengkeng.(Humas Pemprov Jatim)

Lumajang, pmp – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melakukan panen perdana buah klengkeng premium di Desa Wonogriyo, Kecamatan Tikung, Kabupaten Lumajang.

“Klengkeng Lumajang ini memiliki kualitas  premium, tebal dagingnya, kecil bijinya dan segar. Klengkeng yang dikenal dengan sebutan klengkeng kateki ini berpotensi dipasarkan secara internasional,” kata Gubernur Khofifah sembari memetik buah klengkeng di kebun milik Gunadi pada Minggu (27/9/2020).

Menurut Khofifah setelah mencicipi buah yang dia petik, klengkeng tersebut kualitas terbaik yang pernah dia konsumsi.

“Artinya kalau klengkeng ini dibudidayakan lebih luas dengan sertifikasi dari mulai bibit, lahan dan produknya, maka klengkeng Kateki sangat kompetitif dan  punya potensi tidak sekedar dikembangkan untuk pasar dalam negeri, tapi juga pasar luar negeri,” imbuhnya.

Baca Juga :   Konvoi 1.300 Kendaraan Listrik Jatim Pecahkan Rekor MURI, Khofifah: Komitmen Net Zero Emision 2060

Gubernur Khofifah pun meminta Bupati Lumajang Thoriqul Haq, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lumajang dan Kepala Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur membantu pemilik kebun klengkeng melengkapi segala persyaratan agar pada segera siap ekspor.

“Ini pentingnya kami hadir untuk melihat bahwa semua persyaratan yang terkait sertifikasi dari benih, produk dan lahan harus kita lengkapi,” tegas Khofifah.

Hal yang menarik, buah klengkeng Kateki bisa dipanen kapan pun karena bukan buah musiman, sehingga masa tanam dan masa panen dapat diperhitungkan.

Gubernur mengapresiasi Gunadi yang berikhtiar maksimal di tengah pandemi COVID-19 untuk terus membudidayakan klengkengnya hingga memiliki kualitas terbaik.

“Pada saat pandemi COVID-19 seperti ini, kita selalu menemukan hal-hal out of the box seperti yang dilakukan oleh Pak Gunadi,” katanya.(hps)