PenaMerahPutih.com
Ekbis Headline Indeks Industri

Harga Promo Pertalite Diperluas di 11 Kota Jatim

Surabaya, pmp — Pertamina memperluas kehadiran Program Langit Biru (PLB) yang memberikan promo khusus pembelian Pertalite seharga Premium yaitu Rp6.450 per liter  di 11 kabupaten/kota wilayah Jatim dari pekan lalu yang hanya di 5 kabupaten/kota.

Ini sebagai bentuk dukungan Pertamina terhadap  Peraturan Pemerintah No. 41 tahun 1999 tentang Pengendalian Pencemaran Udara, melalui pengendalian emis gas buang kendaraan bermotor dengan penggunaan BBM yang lebih berkualitas dan ramah lingkungan.

“PLB hadir untuk mengajak masyarakat merasakan langsung BBM dengan kualitas yang lebih baik guna meningkatkan kualitas lingkungan dengan udara yang bersih dan sehat,” ujar Section Head Communication & Relation Pertamina Marketing Region Jatimbalinus, Ahad Rahedi, Sabtu  (14/11/2020).

Promo ini berlaku mulai hari Sabtu (14/11/2020) di Kota Surabaya sebanyak 61 SPBU, Kabupaten Sidoarjo di 46 SPBU, di Kabupaten Tuban sebanyak 6 SPBU, dan Kabupaten Malang di 34 SPBU.

Baca Juga :   Pertamina Jamin Pasokan BBM dan LPG Selama Pilkada Serentak

Sedangkan wilayah mulai Minggu (15/11/2020), yaitu di Kota Probolinggo 5 SPBU, Kota Situbondo di 10 SPBU, Kota Lumajang di 7 SPBU, di Kabupaten Trenggalek  9 SPBU, Kabupaten Tulungagung di 28 SPBU, di Kabupaten Pacitan 2 SPBU, dan Kota Blitar di 3 SPBU. Pekan lalu, PLB telah digulirkan di wilayah Kabupaten Pasuruan, Gresik, Probolinggo, Banyuwangi, dan Kota Malang.

Ahad menjelaskan BBM yang lebih berkualitas memiliki kadar oktan (Research Octane Number / RON) tinggi, sehingga lebih ramah lingkungan karena rendah emisi. Selain itu, BBM yang lebih berkualitas akan berdampak positif terhadap performa kendaraan serta lebih irit karena pembakaran di ruang mesin lebih sempurna.

“Karenanya, Pertamina terus mendorong penggunaan produk BBM berkualitas yakni Pertalite dengan RON 90, Pertamax RON 92 dan Pertamax Turbo RON 98,” katanya.

Baca Juga :   Pertamina Gelar Vaksinasi Gotong Royong bagi Mitra Kerja di Surabaya dan Malang

Selain roda dua dan tiga,  Pertamina juga menyasar angkot dan taksi plat kuning  yang merupakan transportasi publik, sehingga diharapkan menjadi contoh bagi masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan beralih ke bahan bakar berkualitas.

“Kami mengajak pengendara ini  mendapatkan customer experience, bahwa dengan BBM berkualitas mesin kendaraannya lebih awet dan bertenaga,” ujar Ahad yang memastikan Premium tetap ada di beberapa SPBU di setiap wilayah.

PLB di Denpasar sejak Juli, mendapatkan animo positif dari masyarakat. Ini tampak pada meningkatnya tren konsumsi produk BBM yang lebih ramah lingkungan yaitu produk Perta-series (Pertalite, Pertamax, dan Pertamax Turbo. Perubahan indeks kualitas udara (Air Quality Index atau AQI) juga tercatat semakin baik, yang ditunjukkan dengan nilai yang semakin kecil.

Baca Juga :   Gubernur Khofifah: Stok Pertamina Cukup, Masyarakat Jangan Panic Buying

Sebelum PLB digulirkan, tercatat indeks kualitas udara di Denpasar rata-rata di angka 67. Hingga tanggal 3 November 2020 yang lalu, tercatat rerata mulai dari 30 hari sebelumnya, indeks kualitas udara di Kota Denpasar turun ke angka 56.

Tren yang sama juga teramati di Kota Malang, di mana sebelum PLB dijalankan (5/11/2020), tercatat indeks kualitas udara di angka 72. Sepekan setelah PLB berjalan (12/11) indeks kualitas udara Kota Malang semakin baik dengan angka 48 (sumber: www.iqair.com).

“Pengguna Pertamax dapat menghemat Rp 250 per liter, dengan bertransaksi via aplikasi MyPertamina dan secara otomatis mendapatkan kupon undian Berbagi Berkah MyPertamina lebih banyak dari pelanggan yang bertransaksi secara tunai. Kemudahan lain, penukaran kupon untuk mengikut undian juga dapat dilakukan melalui aplikasi secara cepat,” pungkasnya. (hps)