PenaMerahPutih.com
EkbisHeadlineIndeksIndustri

Bank OCBC NISP Berdayakan Pengusaha Perempuan

Parwati Surjaudaja Presiden Direktur Bank OCBC NISP (kiri) bersama Nonita Respati, pengusaha fashion memperkenalkan program #TAYTB Women Warriors,

Surabaya, pmp – Indonesia tercatat sebagai salah satu negara dengan basis pengusaha perempuan terbesar di dunia. Data Bank Indonesia menyebutkan, lebih dari 60% dari total 57,83 juta UMKM Indonesia dijalankan pengusaha perempuan dengan kemampuan kinerja keuangan lebih sustainable, seperti rasio kredit macet yang lebih rendah.

“Melihat besarnya potensi kontribusi pengusaha perempuan pada perekonomian Indonesia dan tantangan yang mereka hadapi, Bank OCBC NISP berkomitmen untuk memberdayakan kelompok pengusaha perempuan agar dapat terus mengembangkan usaha dan mengambil peran yang lebih besar untuk berkontribusi pada ekonomi, sosial dan lingkungan. Bank OCBC NISP menginisiasi Program #TAYTB Women Warriors yang menghadirkan solusi menyeluruh, termasuk solusi manage, grow dan live,” ujar Parwati Surjaudaja, Presiden Direktur Bank OCBC NISP pada peluncuran program #TAYTB Women Warriors di Jakarta pekan lalu.

Melalui #TAYTB Women Warriors, Bank OCBC NISP menghadirkan solusi menyeluruh untuk mendukung perempuan Indonesia menjalankan dan mengembangkan bisnis dengan maksimal, yaitu Manage, Grow dan Live.

Manage merupakan layanan perbankan yang memungkinkan pengusaha perempuan untuk mengatur keuangan baik pribadi dan bisnis dengan mudah, aman dan nyaman, kapan saja dan dimana saja.

Grow merupakan solusi keuangan dan non-keuangan (beyond banking) untuk mendukung bisnis yang memungkinkan pengusaha perempuan mengembangkan dana pribadi maupun bisnisnya. Antara lain pendanaan mulai Rp 500 juta hingga Rp.15 milliar untuk pengusaha individu maupun nasabah badan usaha. Nasabah individu juga dapat menikmati berbagai solusi keuangan dalam Nyala Bisnis, sementara nasabah badan usaha dapat menikmati berbagai solusi dalam SME Banking.

Sedangkan Live adalah dukungan untuk meningkatkan kemampuan dan kualitas diri dengan membangun komunitas usaha dan penyediaan program edukasi, sehingga mereka dapat menikmati hidup sekaligus memberikan dampak bagi perekonomian Indonesia.

Parwati mengatkan salah satu tantangan bagi pengusaha perempuan adalah terkait pengelolaan keuangan, kurangnya rasa percaya diri hingga keterbatasan pengetahuan untuk mengembangkan bisnis secara berkelanjutan.

Karena itu, melalui program #TAYTB Women Warriors, Bank OCBC NISP menyediakan program khusus yang membantu pengusaha perempuan untuk mengelola & mengembangkan bisnis maupun memberikan dukungan berupa kegiatan edukasi dan komunitas pengusaha perempuan untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman.

“Kami berharap program #TAYTB Women Warriors turut mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia secara berkelanjutan,” pungkas Parwati. (hps)