PenaMerahPutih.com
HeadlineIndeksNusantara

Gempa Magnitudo 5,0 Kembali Terjadi di Majene, BNPB Imbau Warga Tenang dan Waspada

gempa majene
Gempa berkekuatan mgnitudo 5,0 kembali terjadi di Majene, Sulbar, Sabtu (16/1/2021) pukul 06.32 WIB. (BMKG)

Jakarta, pmp – Gempa berkekuatan magnitudo 5,0 kembali terjadi di Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, pukul 06.32 WIB pada Sabtu (16/1/2021). Gempa bumi dirasakan di daerah Kabupaten Majene III MMI dan tidak berpotensi tsunami.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan gempa susulan masih akan terjadi. BNPB mengimbau masyarakat tetap tenang dan selalu waspada terkait potensi gempa susulan yang berkekuatan signifikan.

“BNPB memperingatkan masyarakat yang tinggal di kawasan perbukitan dengan tebing curam untuk waspada terhadap longsoran dan reruntuhan batu. Sementara bagi mereka yang tinggal di kawasan pantai atau pesisir, diharapkan selalu waspada dan segera menjauhi pantai apabila merasakan terjadi gempa susulan,´ kata Raditya Jati, Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (16/1/2021).

Baca Juga :   BNPB Jumat Siang Laporkan Korban Gempa Sulbar 34 Meninggal Dunia

BPBD Kabupaten Majene menginformasikan belum ada laporan terkait dampak gempa tadi pagi yang berpusat di darat arah timur laut 20 km dari Majene dan berkedalaman 10 km.

BNPB meminta masyarakat hanya mengikuti informasi resmi dan tidak mudah percaya dengan segala informasi yang belum jelas sumbernya atau hoax mengenai prediksi dan ramalan gempa bumi yang akan terjadi dengan kekuatan lebih besar dan akan terjadi tsunami.

Masyarakat dapat mengikuti perkembangan informasi kegempaan melalui BMKG dan portal InaRisk untuk mengetahui potensi risiko bencana yang ada di sekitar tempat tinggal masing-masing.(gdn)