PenaMerahPutih.com
HeadlineIndeksNusantara

ITS Gandeng PT Pertamina International Shipping, Sinergi Tingkatkan Kualitas SDM

ITS Gandeng PT Pertamina International Shipping
Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng dan Dirut PT Pertamina International Shipping Erry Widiastono. (Humas ITS)

Surabaya, pmp – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) gandeng PT Pertamina International Shipping dalam pengembangan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat serta pengembangan teknologi, guna meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

MoU yang dilakukan secara daring, Rabu (19/5/2021), dilanjutkan penandatanganan dua Perjanjian Kerja Sama (PKS), pertama tentang Penyelenggaraan Program Internship dan Apprenticeship serta kedua mengenai Seleksi Masuk ITS (SMITS) Pendidikan Sarjana, Sarjana Terapan dan Sarjana Kelas Internasional.

Dirut PT Pertamina International Shipping Erry Widiastono menyatakan, kerja sama bakal memanfaatkan SDM yang ada di PT Pertamina International Shipping maupun ITS, sehingga kelebihan masing-masing pihak mampu membangun sinergi positif demi kesejahteraan bangsa dan negara.

Baca Juga :   Pertamina Jatimbalinus Pastikan Kesiapan Layanan BBM-LPG Destinasi Wisata

“MoU nantinya juga akan ditindaklanjuti dengan berbagai PKS yang saling menguntungkan. Semoga kerja sama ini bisa berlanjut dan dapat memberikan berkah untuk semua,” harap Erry.

Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng menyampaikan bahwa ITS sebenarnya telah memiliki kerja sama dengan perusahaan-perusahaan yang tergabung dalam holding maupun subholding PT Pertamina (Persero).

Beberapa hasil di antaranya penggunaan sistem keselamatan kapal yang dibuat oleh ITS, pemantauan pipa bawah laut milik Pertamina, atau membantu nakhoda kapal mengetahui posisi yang tidak diperbolehkan menurunkan jangkar.

Sementara Pertamina telah membantu ITS dalam melakukan distribusi robot Raisa selama pandemi pada beberapa wilayah di Indonesia.

“Oleh karena itu ITS mengapresiasi dan berterima kasih serta sekarang ini mampu bersinergi dengan PT Pertamina International Shipping ini,” ungkap Guru Besar Teknik Elektro tersebut. (gdn)