PenaMerahPutih.com
HeadlineIndeksNusantara

ITS Terima 1.899 Mahasiswa SBMPTN 2021

 

Surabaya, pmp – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menerima sebanyak 1.899 calon mahasiswa baru pada jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021 yang pengumumannya sudah dapat diakses sejak Senin (14/6/2021) pukul 15.00 WIB.

“Tahun ini jumlah pendaftar SBMPTN yang diterima oleh ITS meningkat sebesar 243 peserta dari Fakultas Vokasi yang sebelumnya tidak termasuk dalam daftar pilihan, menjadi salah satu opsi pada SBMPTN tahun ini,” kata Direktur Pendidikan ITS Dr Eng Siti Machmudah ST MEng.

Menurut dosen yang akrab disapa Machmudah ini, ITS berhasil menduduki posisi ke-7 terbaik rata-rata nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tertinggi dari program studi sains teknologi (saintek) Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se-Indonesia. Sedang untuk rata-rata nilai UTBK program studi sosial humaniora (soshum) menempati peringkat ke-6 nasional.

Baca Juga :   Kuliah Umum di PENS, Rachmat Gobel Ajak Tingkatkan Produktivitas

“Peringkat ini patut disyukuri sebab dari tahun ke tahun ITS berada pada tren positif dengan selalu masuk di jajaran 10 besar nasional. Ke depan, ITS berharap dapat lebih bagus lagi dan bisa masuk kembali ke jajaran tiga besar rerataan nilai UTBK tertinggi,” tuturnya.

Penerima mahasiswa terbanyak dari jalur SBMPTN ini ada di Departemen Teknik Informatika sejumlah 95 orang, diikuti Teknik Elektro yang menerima 85 orang, dan Teknik Mesin sebanyak 81 calon mahasiswa baru.

Dari total yang diterima, calon mahasiswa baru jalur SBMPTN ini mayoritas masih berasal dari Provinsi Jawa Timur seperti tahun-tahun sebelumnya. Sedang sisanya berasal dari sejumlah daerah mulai Sabang sampai Merauke.

Baca Juga :   Paduan Suara ITS Juara II Kompetisi Internasional Finlandia

“Ppeminat ITS pada SBMPTN 2021 tercatat lebih dari 16 ribu peserta dan Departemen Teknik Informatika masih kembali menjadi yang favorit pada SBMPTN 2021,” ujarnya.

Machmudah berharap calon mahasiswa baru ITS bisa memanfaatkan dengan baik kesempatan berkuliah di ITS karena tidak semua orang bisa menjalaninya. “Setelah diterima di kampus ITS mahasiswa dapat lancar dalam studinya di ITS dan dapat lulus tepat waktu dengan nilai yang memuaskan,” tandas dosen Departemen Teknik Kimia ITS ini.

Sementara itu, bagi pendaftar yang masih belum diterima di ITS lewat jalur SBMPTN tidak perlu khawatir. “Masih ada jalur Seleksi Kemitraan, Mandiri dan Prestasi (SKMP) dan International Undergraduate Program (IUP) yang masih bisa dicoba karena pendaftarannya ditutup pada 17 Juni 2021,” katanya. (hps)