PenaMerahPutih.com
Headline Indeks Nusantara

PLN dan Polinema Sinergi Pengembangan Energi Baru Terbarukan

 

Malang, pmp – PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur dan Politeknik Negeri Malang (Polinema) bekerja sama meningkatkan penggunaan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat untuk menunjang proses pembangunan nasional di bidang ketenagalistrikan.

Penandatangan nota kesepahaman dilakukan General Manager PLN UID Jawa Timur Adi Priyanto bersama Pembantu Direktur IV Politeknik Negeri Malang Lucis Rubianto serta Staff Ahli Bidang Kerjasama dan Pengembangan Abdullah Helmy di Kantor PLN UP3 Malang pada Jumat (18/6/2021).

“Polinema sebagai satu-satunya vokasi di Malang diharapkan mampu mendukung program PLN seperti peningkatan penggunaan Pembangkit dari Energi Baru Terbarukan (EBT) di Jawa Timur sesuai dengan transformasi PLN yaitu Green, membuat roadmap untuk memasifkan program pemerintah penggunaan kendaraan listrik dan masih banyak lagi,” papar Adi Priyanto.

Baca Juga :   PLN Siapkan Keandalan Listrik Tanpa Asap dan Tanpa Kedip Dukung Piala Dunia U20 di Stadion GBT Surabaya  

Ruang Lingkup dari Nota kesepahaman ini meliputi kegiatan knowledge sharing dalam bidang ketenagalistrikan, konsultasi kajian teknik atau saksi ahli dalam bidang ketenagalistrikan, narasumber untuk kegiatan sosialisasi kesehatan dan keselamatan kerja atau keselamatan ketenagalistrikan, studi dan atau pengujian tentang peralatan primer, konstruksi sipil, manajemen konstruksi, dan hal-hal lain yang terkait pembangunan ketenagalistrikan dan pendukung lainnya.

Sementara Pembantu Direktur IV Politeknik Negeri Malang Lucis Rubianto sangat mengapresiasi kerjasama dengan PLN. Saat ini penelitian Polinema sedang mengadakan riset energi terbarukan di Pulau Madura agar tidak menggunakan energi fossil.

“Kami mendukung pengembangan pendidikan karyawan PLN di institusi kami dengan adanya payung MoU. Harapannya sinergi ini bisa memberikan manfaat sebesar-besarnya kepada masyarakat, ” pungkas Lucis Rubianto. (hps)