PenaMerahPutih.com
HeadlineIndeksNusantara

Pelindo III Galang Donor Plasma Konvalesen, Sehari PMI Surabaya Perlu 500 Kantong

Pelindo III
Sebanyak 144 penyintas COVID-19 dari internal Pelindo III Group dan masyarakat umum antusias ikuti skrining donor plasma konvalesen.(Humas Pelindo III)

Surabaya, pmp – PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III kembali tergerak mengetuk hati para penyintas COVID-19 dari internal dan masyarakat untuk mengikuti skrining plasma konvalesen melalui program kolaborasi dengan PMI Unit Donor Darah (UDD) Kota Surabaya.

Lonjakan kasus aktif COVID-19 di Surabaya yang dibarengi munculnya varian baru virus corona telah membuat stok darah dan plasma konvalesen di PMI Kota Surabaya menipis.

Sebanyak 144 penyintas COVID-19 dari internal Pelindo III Group dan masyarakat umum antusias mendaftarkan diri melakukan skrining donor plasma konvalesen dengan prtokol kesehatan ketat di Gedung Gapura Surya Nusantara, Kamis (1/7/2021).

“Melihat terus melonjaknya angka positif COVID-19 belakangan, juga adanya informasi dari PMI bahwa pihaknya membutuhkan banyak relawan pendonor plasma konvalesen dan darah, kami kembali berinisiatif menyelenggarakan kegiatan ini sebagai bagian membantu masyarakat dan pemerintah. Kami berharap hasil screening banyak yang lolos sehingga kebutuhan plasma bisa segera terpenuhi. ” kata Edi Priyanto, Direktur SDM Pelindo III.

Baca Juga :   Bali Kunker Pertama Sandiaga, Pastikan Disiplin Protokol Kesehatan Destinasi Favorit

Sementara dr Martono Adi Triyogo, Kepala Bagian Pelayanan dan Humas PMI UDD Kota Surabaya, mengatakan pihaknya setiap hari menerima sedikitnya 500 permintaan plasma konvalesen.

“Permintaan yang tinggi tidak sebanding dengan jumlah plasma yang dapat dikumpulkan dari sejumlah penyintas COVID-19 yang berinisiatif melakukan donor plasma karena sejumlah persyaratan yang ditentukan dan harus dipenuhi oleh para calon pendonor,” katanya.

Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi selain pernah terkonfirmasi positif COVID-19 adalah bebas keluhan minimal 14-28 hari, berusia 17-60 tahun dengan berat badan lebih dari 55 kg, serta memiliki kadar antibodi dan total liter antibodi igG spesifik COVID-19.

“Sejak meningkatnya angka COVID-19 harian pada Mei 2021 hingga hari ini, PMI UDD Kota Surabaya butuh minimal 500 kantong plasma konvalesen. Tentu tidak sebanding dengan stok kami. Untuk itu kami mengapresiasi para penyintas yang sudah rela mendonorkan plasma, tentunya juga Pelindo III yang sudah memfasilitasi kegiatan ini,” tambahnya.

Baca Juga :   Khofifah Minta 277 Petugas Pemberi Vaksin COVID-19 di Gresik Ditambah hingga Minimal 500 Orang

Anindita Hana Lestari, salah satu penyintas COVID-19 yang merupakan karyawan Pelindo III group mengatakan, dirinya terketuk mengikuti donor plasma konvalesen untuk membantu sesama.

“Sebagai mantan penderita COVID-19, saya sudah merasakan terinfeksi virus tersebut. “Semoga plasma konvalesen yang saya donorkan dapat membantu dan memberikan manfaat bagi sesama dan semoga pandemi segera dapat diatasi,” harap Anindita.

Sebelumnya Pelindo III telah dua kali menggelar donor konvalesen, yaitu pada November 2020 dan Januari 2021 sebagai komitmen Pelindo III membantu pemerintah memerangi COVID-19.(hps)