PenaMerahPutih.com
Headline Indeks Spotlight

Harry Kane Jelang Final EURO 2020 : Kami Bakal Dikenang dalam Sejarah Inggris

Harry Kane Star of The Match semi final Inggris vs Denmark
Harry Kane yang mencetak satu gol menjadi Star of The Match laga semi final Inggris vs Denmark yang berkesudahan 2-1.(uefa.com via getty image)

Jakarta, pmp – Harry Kane (27), penyerang sekaligus kapten Three Lions, bakal menjadi tumpuan Inggris untuk membobol pertahanan Italia pada laga final EURO 2020 di Stadion Wembley London pada Senin dini hari (12/7/2021) pukul 02.00 WIB, sekaligus memecahkan kutukan sejarah menjadi juara turnamen besar yang terhenti 55 tahun sejak mereka menjuarai Piala Dunia 1966 di Wembley.

Kane yang telah mencatak empat gol di ajang EURO 2020 ternyata sangat siap menghadapi laga final karena menganggap pertempuran di Wembley sebagai kesempatan emas agar ‘dikenang dalam sejarah’ Inggris menjadi juara Piala Eropa atau EURO untuk pertama kalinya.

Berikut wawancara euro2020.com dengan Harry Kane yang menyatakan pola pikir tim Inggris telah berubah, atau bagaimana tanggapan striker Tottenham Hotspur itu harus bertarung melawan Giorgio Chiellini dan Leonardo Bonucci, dua palang kokoh Azzurri :

Harry Kane mengecoh Kasper Schemeichel
Harry Kane mengecoh Kasper Schemeichel setelah penaltinya diblok.(uefa.com via getty image)

Bagaimana rasanya menghadapi laga final di Wembley yang merupakan kandang sendiri?

Bermain di Wembley membuat kesempatan untuk menang lebih besar dan lebih istimewa. Kami didukung suporter yang akan terus bernyanyi sepanjang laga dan tentu energinya akan luar biasa. Jadi tidak ada tempat yang lebih baik untuk memenangkan trofi utama kedua kami (setelah Piala Dunia 1966) selain di Wembley.

Baca Juga :   Inggris vs Denmark : Menunggu Wembley Bergemuruh Sambut Rekor Baru Three Lions

Laga final ini momen besar dalam sejarah Inggris sebagai sebuah bangsa. Kegembiraan bakal membuncah. Saat itu kami akan berlaga sebaik-baiknya dan memanfaatkan keuntungan energi penonton di stadion.

Sejarah Inggris seperti apa yang anda maksud?

Pada tahun 1966, jelas Inggris memenangkan Piala Dunia dan itu adalah pencapaian luar biasa sebagai tim dan sebagai negara. Para penggemar sangat mendukung kami, begitu juga di setiap turnamen mereka mendorong kami dan ingin kami melaju jauh dan selalu begitu.

Sekarang kami memiliki kesempatan menciptakan sejarah buat orang tua dan anggota keluarga kami yang belum pernah melihat Inggris berlaga di final. Dan saya tahu hal itu akan dirasakan di seluruh negeri.

Laga final nanti adalah momen special. Jika kami bisa menyelesaikan pertandingan dan menang, jelas kami bakal dikenang dalam sejarah Inggris selama sisa hidup kami. Itulah tantangan yang kami miliki dan kami harus berjuang meraihnya.

Seleberasi Kane Denmark
Seleberasi Kane dan kawan-kawan usai mencetak gol kedua ke gawang Denmark.(uefa.com via getty image)

Benarkah ada perubahan pola pikir di skuad Three Lions?

Saya mengatakan sebelum pertandingan (melawan Denmark) bahwa ada banyak pertanyaan apakah kami belajar dari pengalaman masa lalu dari Piala Dunia 2018?

Baca Juga :   Italia vs Austria : Tampil Tanpa Beban Senjata Pamungkas Unsere Burschen

Saya mengatakan : saya merasakan seperti yang dirasakan seluruh tim, bahwa kami semua merasa lebih baik secara mental. Hal itu bisa dilihat dengan jelas di lapangan. Saat kami melawan Denmark di semi final, kami bahkan kebobolan terlebih dulu dan untuk pertama kalinya terjadi pada EURO 2020 ini. Namun anda bisa melihat hasil akhirnya.

Bagaimana menghadapi Giorgio Chiellini dan Leonardo Bonucci di final nanti?

Mereka adalah bek yang hebat. Mereka mampu membaca permainan dengan sangat baik dan mereka tahu di mana harus mengambil posisi bagus. Dan tentu saja keduanya adalah pejuang bagi negaranya. Jadi saya memang berharap pertempuran besar sebab untuk alasan itulah anda bermain sepak bola. Saya harus siap bertempur melawan kedua bek tengah itu.

Mereka pasti akan mempertaruhkan segalanya agar menang dan kami juga akan mempertaruhkan segalanya agar kami menang. Semoga orang-orang terbaik yang menang dan saya menunggu laga itu. Sebagai seorang striker, jika anda ingin menjadi yang terbaik, anda harus bermain melawan yang terbaik dan itu hanya akan terjadi pada laga final.

Baca Juga :   Belanda vs Rep Ceko : Pelatih Lokomotif Isyaratkan Serangan Balik Mematikan
Harry Kane Three Lions
Harry Kane dan punggawa Three Lions tertantang mencetak sejarah buat negaranya.(uefa.com via getty image)

Italia tak terkalahkan dalam 33 pertandingan?

Memang laga final akan menjadi pertandingan yang sulit. Italia adalah tim yang hebat. Mereka juga memiliki sejarah besar dalam memenangkan turnamen besar. Mereka memiliki pengalaman hebat sebagai tim, mereka memiliki individu yang hebat, secara kolektif mereka juga kompak. Ini akan menjadi pertempuran yang sulit, tetapi anda tahu tim kami memiliki bekal lebih dari cukup untuk menang.

Kami hanya harus fokus pada diri kami sendiri, bersiap sebaik mungkin dan masuk lapangan dengan semangat dan keyakinan yang selalu kami pegang di setiap pertandingan bahwa kami mampu menang. Dalam pertandingan besar, di final besar, persiapan dan keyakinan yang bagus akan membuat anda melewati batas.

Apa artinya memenangkan EURO 2020 bagi anda?

Pasti akan berarti segalanya bagi saya dan tim. Saya sudah katakan sebelumnya : memenangkan sesuatu buat negara akan melampaui kegembiraan dan kebanggaan apapun yang anda dapat di level klub dan kini kami memiliki kesempatan itu. Sudah lama Inggris tak menginjakkan kaki di final sehingga kami sekarang harus meraih juara dengan sekuat tenaga.(gdn)