PenaMerahPutih.com
HeadlineIndeksTren

Liga Primer Inggris Dimulai Akhir Pekan Ini, Stadion Dibuka Penuh Bagi Suporter

Jakarta, pmp – English Premier League atau Liga Primer Inggris musim 2021-2022 bakal dimulai Jumat (13/8/2021) dengan laga pembuka antara pendatang baru Brentford versus Arsenal, di mana pihak Premier League dan seluruh klub telah bersiap membuka penuh stadion bagi kedatangan suporter dengan tetap menjaga agar seluruh pertandingan aman dari penularan dan penyebaran COVID-19.

“Bahkan di masa pandemi yang tidak pasti ini, kami optimis bahwa dengan terus bekerja sama dengan suporter, kelompok suporter, pemangku kepentingan sepak bola, pemerintah pusat dan pemerintah daerah, semua orang dapat menikmati pertandingan di stadion yang penuh dan semarak sambil tetap aman dari COVID-19,” tulis situs resmi Liga Primer Inggris premierlague.com, Senin (9/8/2021).

Keselamatan semua orang yang terlibat, termasuk penonton, di stadion tetap menjadi prioritas pihak Premier League sehingga proses menonton pertadingan bakal berbeda dengan proses saat kondisi normal.

Baca Juga :   Rahasia Ole Bekuk Southampton 9-0 : Saya Minta Luke Shaw Terus Kirim Umpan Silang

Premier League telah menyusun protokol kesehatan untuk hari pertandingan guna membantu menjaga semua orang tetap aman, seperti sertifikasi status COVID-19 yang wajib bagi calon penonton, termasuk mengharuskan suporter mematuhi Kode Etik yang dibuat untuk mendorong perilaku kesehatan yang baik di stadion.

Hal yang pasti, suporter bakal dilarang menonton pertandingan jika memiliki risiko menularkan COVID-19, sehingga suporter harus memiliki NHS COVID Pass — National Health Service merupakan program layanan kesehatan masyarakat di Britania Raya — yang menjadi bukti bahwa mereka telah divaksin penuh dan telah menjalani tes dengan hasil negatif maksimal 48 jam sebelum masuk stadion.

Para suporter bisa mendapatkan NHS COVID Pass mereka melalui aplikasi NHS atau tautan situs web NHS.

Baca Juga :   Penyebab Pep Guardiola Khawatir Hadapi Piala FA dan Liga Champion

Tak hanya itu, suporter juga wajib berkonsultasi dengan klub mereka melalui situs resmi untuk informasi mengenai suporter di bawah umur yang ingin menonton pertandingan.

Kode Etik Suporter

Pihak Premier League bekerja sama dengan klub telah memperkenalkan posedur pemeriksaan status COVID-19 secara bertahap dengan melatih para petugas stadion, sehingga gangguan keamanan maksimum saat hari pertandingan dapat diminimalisir. Termasuk membuat panduan yang sangat jelas bagi suporter agar memahami apa yang harus dilakukan sebelum, selama dan setelah pertandingan.

Para suporter yang telah memegang tiket harus mematuhi Kode Etik Suporter untuk membantu menjaga keamanan kesehatan bagi sesama penggemar, di antaranya mengenakan masker di area dalam ruangan, menghindari kontak dekat dengan orang yang tidak dikenal, mengikuti rambu satu arah di sekitar stadion sehingga setiap suporter dapat membantu orang di sekitar mereka merasa aman saat mendukung tim kesayangan.

Baca Juga :   Pelajaran Mahal Bermedsos dari Striker MU Edinson Cavani

Pihak Premier League dan klub-klubnya menyatakan bakal terus mengikuti panduan terbaru dari pemerintah Inggris terkait semua protokol kesehatan COVID-19, apalagi pemerintah telah menegaskan bahwa pandemi masih jauh dari selesai, sehingga ada kemungkinan langkah-langkah keamanan untuk pertandingan dapat berubah dengan cepat.

Para suporter diwajibkan untuk terus mengikuti berbagai panduan dan termasuk panduan kesehatan masyarakat terbaru dari klub mereka.

Premier League menyatakan akan terus berkonsultasi dengan semua pemangku kepentingan utama, termasuk Asosiasi Suporter Sepak Bola dan akan menjalankan serangkaian kampanye yang melibatkan suporter untuk membantu memastikan semua pemegang tiket bahwa mereka siap menyaksikan pertandingan.(gdn)