PenaMerahPutih.com
HeadlineIndeksPolkam

Presiden Lantik Sahbirin Noor dan Muhidin Jadi Gubernur dan Wagub Kalsel 2021-2024

Presiden Joko Widodo melantik Sahbirin Noor dan Muhidin sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan.
Presiden Joko Widodo melantik Sahbirin Noor dan Muhidin sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan.(BPMI Setpres)

Jakarta, pmp – Presiden Joko Widodo secara resmi melantik pasangan Sahbirin Noor dan Muhidin sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan terpilih masa jabatan tahun 2021-2024 di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu (25/8/2021) dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat

Pasangan gubernur dan wakil gubernur terpilih terlebih dahulu menerima petikan Surat Keputusan Presiden di Istana Merdeka sekitar pukul14.00 WIB, kemudian keduanya melakukan prosesi kirab menuju Istana Negara bersama Presiden Joko Widodo dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Pelantikan pasangan gubernur dan wakil gubernur terpilih digelar berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 105/P Tahun 2021 tentang ‘Pemberhentian Penjabat Gubernur Kalimantan Selatan dan Pengesahan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan’ yang dibacakan Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara Nanik Purwanti.

Baca Juga :   Antung Riduan Resmi Ketua PSI Banjarmasin, Targetkan Lolos Verifikasi Faktual

Sahbirin Noor dan Muhidin secara resmi mengemban tugas sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan setelah diambil sumpah jabatan oleh Kepala Negara.

“Saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur/wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa dan bangsa,” ucap Sahbirin dan Muhidin  menirukan Presiden Jokowi yang mendiktekan penggalan sumpah jabatan seperti dirilis presidenri.go.id.

Jalankan Program Skala Prioritas

Acara pelantikan diakhiri dengan pemberian ucapan selamat oleh Presiden untuk selanjutnya diikuti oleh para undangan terbatas, di mana turut hadir antara lain Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Baca Juga :   OJK Regional IX dan Bank Kalsel Martapura Gelar Vaksinasi Massal Tahap III

Sahbirin Noor mengungkapkan rasa syukurnya setelah dilantik menjadi Gubernur Kalimantan Selatan dan menyatakan akan segera menjalankan program-program skala prioritas untuk kepentingan rakyat, utamanya dalam menangani pandemi COVID-19.

“Langkah-langkah yang akan kami ambil setelah pelantikan ini tentu saja adalah konsolidasi organisasi, kemudian menjalankan segala program yang sudah ada, serta menyinergikan dengan pemerintah pusat, provinsi tentunya dan kabupaten atau kota, terlebih khusus di dalam menghadapi pandemi COVID-19,” ujar Sahbirin Noor.

Dia pun berharap segala ikhitar bisa berjalan dengan baik.

“Mudah-mudahan semua yang kita rencanakan, semua yang kita persiapkan ini bisa berjalan dan mendapatkan ridha dari Allah SWT,” ucapnya.(bim)