PenaMerahPutih.com
Headline Indeks Nusantara

Sandiaga Ikut Memasak Rendang Khas Kampuang Minang Nagari Sumpu

Menteri Sandiaga bersama ibu-ibu memasak rendang sumpu
Menteri Sandiaga bersama ibu-ibu memasak rendang sumpu yang memiliki cita rasa manis tipis namun tetap gurih dengan aroma kuat.(Birkom Kemenparekraf)

Tanah Datar, pmp – Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, ikut memasak rendang sumpu khas Desa Wisata Kampuang Minang Nagari Sumpu Sumatera Barat yang masuk 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Dia berharap ajang ADWI 2021 bakal mendongkrak popularitas dan daya tarik Desa Wisata Kampuang Minang Nagari Sumpu, khususnya kuliner khas destinasi tersebut.

“Desa wisata Kampuang Minang Nagari Sumpu ini  terpilih menjadi salah satu dari 50 desa wisata terbaik. Saya sangat terkesan dengan potensi kulinernya dan semoga ajang ADWI 2021 dapat memperkuat potensi yang ada,” kata Menteri Sandiaga saat berkunjung ke desa wisata yang terletak di Kabupaten Tanah Datar, Sumbar, Sabtu sore (28/8/2021).

Baca Juga :   Sandiaga Gandeng INACA Kembalikan Kepercayaan Masyarakat Pasca Musibah SJ-182

Desa Wisata Kampuang Minang Nagari Sumpu memiliki kuliner yang khas, salah satunya rendang sumpu yang memiliki cita rasa manis tipis namun tetap gurih dengan aroma kuat yang sedikit berbeda dengan rendang lainnya.

Kuliner khas lainnya adalah rebon, singgang sumpu dan pangek sumpu, serta yang tak kalah khas pangek sasau dan ikan bilih goring yang merupakan jenis ikan di Danau Singkarak yang berbatasan dengan Nagari Sumpu.

Paket wisata yang ditawarkan ke para turis adalah menikmati deretan kuliner, ditambah pengalaman memasaknya secara langsung.

“Kehadiran Chef Vindex, sebagai salah satu dewan juri, dapat membantu desa wisata ini membangun story telling tentang kuliner, sehingga dapat memperkuat daya tarik dan potensi kuliner yang berbeda dengan desa wisata lainnya,” kata Sandiaga.

Baca Juga :   Berdayakan Perajin Keris Sumenep, Sandiaga Didukung Jadi Presiden

Hal lain yang menarik, Desa Wisata Kampuang Minang juga memiliki potensi budaya berupa 70 rumah gadang yang beberapa di antaranya difungsikan sebagai homestay, di mana para turis dapat menginap dan bakal mendapat pengalaman menjalani kehidupan keseharian masyarakat setempat.

Kunjungan Menteri Sandiaga ke Nagari Sumpu menutup rangkaian kunjungan ke empat desa wisata di wilayah Sumatera Barat yang masuk 50 besar ADWI 2021.

Melihat potensi empat desa wisata, Sandiaga semakin optimistis bahwa desa wisata akan benar-benar menjadi simbol kebangkitan ekonomi nasional dan membuka lapangan kerja bagi masyarakat.

Turut hadir dalam kegiatan di Desa Wisata Kampuang Nagari Sumpu adalah Bupati Tanah Datar Eka Putra dan Direktur Tata Kelola Destinasi Kemenparekraf,Indra Ni Tua.(els)