PenaMerahPutih.com
EkbisHeadlineIndeksTeknologi

Indosat Ooredoo Umumkan Pemenang SheHacks 2021, Berdayakan Perempuan Melalui Teknologi

SheHacks 2021 Indosat Ooredoo
SheHacks 2021 memberdayakan 1.453 perempuan Indonesia dengan rentang usia 15-40 tahun dan menerima total 477 proposal.(Humas Indosat)

Jakarta, pmp – Indosat Ooredoo, perusahaan telekomunikasi digital terdepan Indonesia, mengumumkan pemenang SheHacks 2021, program inovasi untuk memberdayakan lebih banyak perempuan Indonesia dengan kekuatan teknologi dan mengurangi kesenjangan gender di bidang ekonomi, pendidikan dan kesehatan perempuan.

Ketiga pemenang yang mendapatkan total hadiah Rp 100 juta adalah Tim Wegrow dengan proposal ‘Wegrow’ (Green Living Platform), Triasih dengan proposal ‘Ruang Tengah’ dan Troopers dengan proposal ‘Wifood, Save It Don’t Waste It’.

Pengumuman pemenang SheHacks 2021 yang digelar virtual dibuka Director & Chief Operating Officer Indosat Ooredoo Vikram Sinha dan sambutan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga, serta Direktur Tata Kelola Digital Ekonomi Kemenparekraf Selliane Halia Ishak.

Acara juga dihadiri peserta dan komunitas perempuan Indonesia, serta pembicara talkshow Haryati Lawidjaja (CEO of LinkAja) dan Silvia Halim (Construction Director of MRT Jakarta) bertema ‘How to Overcome The Challenges for Women in Tech’.

“SheHacks 2021 hadir dengan tujuan memberdayakan lebih banyak perempuan di bidang teknologi untuk berkontribusi mengurangi kesenjangan gender yang kami temukan di hampir semua lini kehidupan,” kata Vikram Sinha, Director & Chief Operating Officer Indosat Ooredoo.

Baca Juga :   Indosat Business Connex Webinar Series 2022 Dukung Transformasi Industri 4.0 Indonesia

Menurut Vikram, merupakan pengalaman berharga bagi Indosat Ooredoo melihat ide dan karya luar biasa dari para perempuan inspiratif peserta SheHacks 2021.

“Semangat mereka menemukan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah yang muncul terkait kesenjangan gender telah membuat kami percaya masa depan yang menjanjikan akan peran perempuan di bidang teknologi. Kami berharap para peserta dan pemenang dapat mengambil manfaat sebesar-besarnya dari program SheHacks 2021 dan karya-karyanya dapat memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan kualitas hidup dan peran perempuan di Indonesia,” katanya.

Sementara Menteri Bintang Puspayoga mengatakan sangat mengapresiasi dan mendukung upaya Indosat Ooredoo yang memberi sumbangsih nyata untuk pengarusutamaan gender di Indonesia melalui program SheHacks 2021.

“SheHacks menjadi bagian dari solusi mengurangi jurang kesenjangan gender dari sisi ekonomi, pendidikan dan kesehatan dengan penggunaan teknologi. Pemberdayaan perempuan merupakan isu yang kompleks dan multisektoral, oleh karena itu komitmen dan kerja sama antar lembaga, baik pemerintah maupun swasta menjadi sangat penting,” kata Menteri Bintang.

Baca Juga :   Dorong Pemberdayaan Talenta Digital Lokal, Indosat Ooredoo Perluas Layanan 5G ke Surabaya

Dia juga memberi selamat kepada 10 finalis terpilih.

“Semoga para peserta terpilih yang berhak mengikuti buddy program dapat benar-benar mempertanggungjawabkan program yang telah dibuat, sehingga dapat memberikan dampak nyata terhadap pemberdayaan perempuan di Indonesia. Mari terus memberi upaya dan sumbangsih nyata demi mencapai pengarusutamaan gender. Perempuan berdaya, anak terlindungi, Indonesia maju!” tegas Menteri Bintang.

Diikuti 1.453 Perempuan Indonesia

Selliane Halia Ishak dari Kemenparekraf menganggap karya inovasi para peserta merupakan solusi tepat untuk mengatasi masalah yang muncul terkait kesenjangan gender.

“Karya mereka membuat kami percaya pada masa depan yang menjanjikan akan peran perempuan di bidang teknologi. Kami berharap program SheHacks bisa menjadi motivasi bagi pihak lain untuk bersama meningkatkan peran perempuan Indonesia dengan pemanfaatan teknologi agar bersama-sama berkontribusi pada industri kreatif dan meningkatkan ekonomi digital Indonesia,” katanya.

SheHacks 2021 berhasil memberdayakan 1.453 perempuan Indonesia dengan rentang usia 15-40 tahun dan menerima total 477 proposal solusi permasalahan. Pencapaian ini menunjukkan peningkatan signifikan dari tahun sebelumnya dengan total 95 peserta dan 30 proposal.

Baca Juga :   Indosat Ooredoo dan Nokia Kembangkan Inovasi Unggulan Melalui ITS 5G Experience Center

Jangkauan SheHacks 2021 juga lebih luas dari tahun 2020 karena 23% dari total peserta tahun ini berasal dari luar Pulau Jawa.

Para finalis dinilai berdasarkan intensitas permasalahan, solusi yang berkelanjutan, produk dan pasar, potensi dampak, daya saing, komunikasi, dan lain-lain.

Para juri yang antara lain Arief Musta’in (Director & Chief Strategy and Innovation Officer Indosat Ooredoo), Natasha Nababan (Chief Legal & Regulatory Officer Indosat Ooredoo), Haryati Lawidjaja (CEO LinkAja), Samira Shihab (CEO & Co-Founder Tinkerlust) dan Dwi Faiz (Kepala Program UN Women Indonesia).

Tiga pemenang terbaik mendapatkan hadiah uang tunai total Rp 100 juta, dengan rincian pemenang pertama Rp 50 juta, pemenang kedua Rp 30 juta dan pemenang ketiga Rp 20 juta.

Lima peserta dengan proposal terbaik berkesempatan melakukan presentasi kepada mitra global potensial Indosat Ooredoo sehingga membuka kemungkinan pengembangan bahkan pendanaan karya inovatif mereka.(hps)