PenaMerahPutih.com
Ekbis Headline Indeks Industri

Penambangan Zero Run-Off, SIG Raih Penghargaan Subroto Kementerian ESDM

Bekas lahan tambang batu kapur Pabrik Tuban milik SIG menjadi hutan dengan inovasi teknik reklamasi sistem alur.
Bekas lahan tambang batu kapur Pabrik Tuban milik SIG justru menjadi hutan dengan inovasi teknik reklamasi sistem alur.(Humas SIG)

Jakarta, pmp – Proses penambangan dengan metode zero run-off yang diaplikasikan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) di Pabrik Tuban meraih Penghargaan Subroto 2021 dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Penghargaan diberikan untuk bidang ’Inovasi Aspek Teknik dan Lingkungan untuk Kaidah Penambangan yang Baik’ bagi kelompok pemegang Izin Usaha Pertambangan (IUP), Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) dan Kontrak Karya (KK) sektor perusahaan pertambangan komoditas mineral.

Penghargaan disampaikan Menteri ESDM Arifin Tasrif kepada SVP of Production SIG Soni Asrul Sani secara virtual di Jakarta, pada Selasa (28/9/2021).

SIG meraih penghargaan setelah menerapkan proses penambangan dengan metode zero run-off, di mana air tidak mengalir secara langsung atau terbuang, namun tertahan di lahan tambang dan terserap melalui pori batu kapur.

Baca Juga :   SIG Serahkan Bantuan Alkes dan APD Rp 750 Juta di Gresik dan Lamongan

Selain itu dalam proses reklamasi bekas lahan tambang batu kapur, SIG menerapakan inovasi teknik reklamasi sistem alur yang dilakukan dengan membuat lubang tambang dialasi tanah liat sebagai media tanam, sehingga efektif dan efisien serta ramah lingkungan karena mengubah area batu kapur yang tandus menjadi hutan.

Penghargaan Subroto merupakan apresiasi sektor energi dan sumber daya mineral yang diberikan oleh Kementerian ESDM kepada para pemangku kepentingan yang telah melakukan kinerja yang sangat baik dalam memajukan sektor ESDM di Indonesia.(hps)