PenaMerahPutih.com
Ekbis Headline Indeks Industri

Inovator PLN untuk Pertanian Buah Naga Banyuwangi Raih Dharma Karya ESDM

Lahan pertanian buah naga di Banyuwangi
Lahan pertanian buah naga dengan penerangan yang diaplikasikan para petani buah naga di Banyuwangi untuk meningkatkan produksi.(Humas PLN)

Surabaya, pmp – Tiga tim inovator PLN, salah satunya Tim Strategi Pemasaran Energi Listrik untuk Pertanian Buah Naga Tradisional atau Tim SPG Bugar, meraih penghargaan Dharma Karya Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tahun 2021.

Tiga tim inovator PLN berhasil memperoleh penghargaan dengan predikat ‘Muda’ yang diberikan pada momentum HUT ke-76 Pertambangan dan Energi tahun 2021.

Tim SPG Bugar yang terdiri dari Indriani, Nur Rella CTW dan Selamet berhasil menggunakan energi listrik untuk pertanian buah naga yang telah diaplikasikan para petani buah naga di Kabupaten Banyuwangi, karena energi listrik dapat mempercepat proses pematangan buah naga, serta memberikan kontribusi terhadap peningkatan penjualan listrik PLN ke pelanggan.

Tim SPG Bugar memiliki kiat mengintesifkan penggunaan listrik di kalangan petani buah naga, dimulai dari potensi lahan buah naga yang mencapai 3.86 hektare, kemudian dilakukan probing dan marketing buah naga, sosialisasi bagaimana mudahnya mendapatkan listrik, survey instalasi PLN dan instalasi milik pelanggan hingga customer engagement.

“Manfaat yang dirasakan petani adalah omzet buah naga meningkat karena bisa panen di luar musim dengan jumlah empat kali lipat dibanding saat musim panen. Dampak sosial ekonominya adalah peluang tenaga kerja, potensi agrowisata, industri turunan makanan olahan, meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat, selain penjualan listrik,” kata Nur Rella.

Baca Juga :   PLN dan Wisata Tani Betet Raih Penghargaan Platinum Indonesian SDGs Award 2021

Adapun dua tim inovator PLN lainnya peraih penghargaan :

  1. Tim Charge.IN yang terdiri dari Bobby Cristya S, Dody Suhendra, Andita Nastasia Lazuardi, Nurkholis Ari Sugiarto, Afrizal Firmansyah dan Ali Akbar yang berhasil membangun aplikasi CHARGE.IN sebagai sebagai Platform EV Charging Station di Indonesia.
  2. Tim PLN Mobile yang terdiri dari Arif Bijak Bestari, Muhammad Ryan Agung Putra Perdana, Rory Aditya dan Rosa Rosmala Sima Bangun yang berhasil membangun aplikasi PLN Mobile menjadi Super Apps yang bertujuan mengintegrasi proses bisnis PLN dalam satu genggaman serta untuk peningkatan pendapatan melalui Beyond kWh.

Ketiga tim melaksanakan penilaian Penghargaan Dharma Karya ESDM pada 7-9 September 2021, di mana Inovasi PLN Mobile dan Charge.IN berkaitan dengan upaya PLN menghadirkan kedekatan dengan pelanggan secara digital, serta mempersiapkan aplikasi yang nantinya akan mendukung kebutuhan pelanggan yang dekat dengan gaya hidup listrik atau electrifying lifestyle, khususnya di era kendaraan listrik.

Baca Juga :   Laba Bersih PLN Naik 38,6%, Bukti Transformasi Tepat Jalur

“Kami berbangga atas penghargaan ini karena merupakan apresiasi terhadap sumbangsih pemikiran, keputusan, pembangunan, kebijaksanaan hingga penemuan baru yang telah berjasa besar kepada negara dan bangsa khususnya di sektor ESDM. Semoga bisa menginspirasi insan PLN lainnya,” kata General Manager PLN UID Jawa Timur Adi Priyanto.

Adi mendorong seluruh insan PLN terus berkreasi dan berinovasi, selaras dengan transformasi PLN, mendorong penerapan budaya AKHLAK yang menjadikan insan PLN menjadi pribadi unggul.

Penghargaan Dharma Karya ESDM rutin digelar oleh Kementerian ESDM demi mendorong kinerja dan memberikan apresiasi terhadap inovasi baru yang memberikan dampak kemajuan yang sangat berarti di sektor ESDM.(hps)