PenaMerahPutih.com
Ekbis Headline Indeks Mikro

TPAKD Kota Surabaya Percepat Akses Keuangan UMKM

Kepala OJK Regional 4 Jatim Bambang Mukti Riyadi mengapresiasi Pemkot Surabaya yang mendukung kesuksesan Bulan Inklusi Keuangan. (Humas OJK KR 4 Jatim)

Surabaya, pmp –  Pemerintah Kota Surabaya (Pemkot Surabaya) mengukuhkan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kota Surabaya sebagai upaya mempercepat akses keuangan bagi pelaku UMKM di Kota Surabaya.

“Jumlah TPAKD yang telah terbentuk saat ini 324 TPAKD  terdiri dari 34 TPAKD tingkat Provinsi (atau semua Provinsi telah memiliki TPAKD), dan 282 TPAKD tingkat Kabupaten/Kota. Dengan demikian masih terdapat 224 kabupaten masih perlu untuk membentuk TPAKD,” kata  Kepala Departemen Literasi dan Inklusi Keuangan OJK Kristianti Puji Rahayu, Senin (1/11/2021).

Kepala OJK Regional 4 Jawa Timur, Bambang Mukti Riyadi mengatakan, saat ini telah terbentuk 13 TPAKD Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur yang masing-masing memiliki program unggulan.

Baca Juga :   Tekan Risiko COVID-19, OJK Batasi Jam Operasional Lembaga Keuangan

“OJK sangat mengapresiasi Pemkot Surabaya yang telah melakukan serangkaian kegiatan sebagai upaya dalam rangka meningkatkan akses keuangan para UMKM,” kata Bambang.

Kegiatan tersebut di antaranya Pameran Surabaya Fashion Week yang diselenggarakan pada tanggal 31 Oktober 2021 hingga 7 November 2021 untuk memfasilitasi UMKM Kota Surabaya mendapatkan akses keuangan dan pemasaran serta untuk menyukseskan Program Bangga Buatan Indonesia (BBI) sekaligus Bulan Inklusi Keuangan.

Juga, pembukaan rekening Simpanan Pelajar yang dikolaborasikan dengan pemberian bantuan beasiswa kepada pelajar SMP di Kota Surabaya dari keluarga Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Walikota Surabaya Eri Cahyadi sangat mendukung adanya TPAKD di kota Surabaya karena program TPAKD berkaitan langsung pada upaya peningkatan akses bagi UMKM kepada industri jasa keuangan, kredit melawan rentenir dan kampanye literasi dan inklusi keuangan.

Baca Juga :   OJK Buka Akses Layanan Informasi Debitur di Aplikasi iDebKu

“Selain itu, TPAKD juga memperluas penyediaan pendanaan produktif untuk pengembangan UMKM, usaha rintisan (start up business) dan pembiayaan pembangunan pada sektor prioritas,” katanya.

Eri Cahyadi mengungkapkan bahwa TPAKD Kota Surabaya memiliki program prioritas yaitu Pembiayaan bunga rendah melalui Pinjaman UMKM Surabaya Pasti Tangguh (Puspita) yang disalurkan oleh PT BPR Surya Artha Utama dengan dukungan dari Pemerintah Kota Surabaya di Grand Launching pada Senin, tanggal 1 November 2021.

Program lainnya Pemberdayaan dan Ketahanan Ekonomi Nang Suroboyo (PEKEN) yang merupakan e-commerce Kota Pahlawan untuk memfasilitasi pedagang kelontong, koperasi, dan UMKM yang telah dilakukan launching di acara Surabaya Fashion Week pada tanggal 31 Oktober 2021 bertepatan dengan Bulan Inklusi Keuangan.

Baca Juga :   OJK Jatim Luncurkan UMKM-MU Percepat Pertumbuhan Koperasi Pesantren

Anggota TPAKD Kota Surabaya yang dikukuhkan Pemkot Surabaya terdiri dari Otoritas Jasa Keuangan  Regional 4 Jawa Timur, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Surabaya, Lembaga Jasa Keuangan di Kota Surabaya, Kementerian Agama Kantor Wilayah Surabaya, Badan Pusat Statistik Kota Surabaya dan stake holders terkait.(hps)